INOVASI FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA
Abstract
Kata kunci : Perpustakaan Ramah Anak, Inovasi Perpustakaan ,Meningkatkan Minat Baca
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan cara melakukan inovasi perpustakaan sekolah ramah anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar dapat mendalami, menggambarkan dan menjelaskanaspek-aspek peranan perpustakaan sekolah ramah anak dalam meningkatkan minta baca. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utama, sedangkan sumber data sekunder merupakan data tambahan yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil inovasi fasilitas perpustakaan yang dihasilkan yaitu Peserta didik yang sebelumnya tidak tertarik untuk mengunjungi menjadi lebih semangat dan dan betah berada didalam perpustakaan salah satunya saat jam pelajaran kosong. Bagi petugas perpustakaan, mendapatkan pengetahuan baru di bidang perpustakaan.Full Text:
PDFReferences
Bafadal, I. (2009). Pengolahan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kadi, T. Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara. Vol. 01 No. 02 Juli - Desember 2017. Journal homepage: www.jurnalnu.com
Lasa, HS. (2008). Tata Ruang Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustakawan Utama Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. uNJE Jurnal Perpwtabaan, VoL 1 No. 1 Tahun 2008: 76-81.
Masruri, A., Kuntoro, S. A., & Arikunto, S. (2016). Pengembangan Kompetensi dan Pendidikan Berkelanjutan Pustakawan PTAIN: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 1–14.
Nawangsari, D. (2010). Urgensi Inovasi dalam Sistem Pendidikan. JURNAL FALASIFA. Vol. 1 No.1 Maret , 17.
Niswaty, dkk. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar. ISSN(p): 2354-9629. ISSN(e): 2549-1334. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Vol. 8 No.1, Januari – Juni 2020
Wijaya, N.A dan Tulistyantoro, L. (2016). Perancangan Interior Perpustakaan Anak di Surabaya. Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petr. Jurnal Intra Vol. 4, No. 2, (2016) 374-385
Lawe, L. dkk. (2016). Peran Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kinerja Pustakawan Di Badan Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara. Acta Diurna, vol. 5, no. 3.
Moenir. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT BumiAksara
Moleong, J.L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahayu. LTI. (2016). Hubungan Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan Pada Warga Belajar Kejar Paket C Di Pkbm Al-Firdaus Kabupaten Serang. Vol. 1. No 2 Hlm. 188 - 201 Agustus 2016 ISSN 2541-1462
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4083
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.