PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI TK DARUL MUHSININ

Sarilah Sarilah, Khairul Huda, Nurul Iman

Abstract


Kemampuan kognitif ini merupakan akal pikiran dari manusia yang harus dikembangkan bersamaan dengan kemampuan yang lainnya (Bahasa,sosial-emosional, moral dan agama). Tulisan mengakaji tentang pengembangan kemampuan kognitif anak melalui pendekatan pembelajaran kontektual teaching lerning yang berlndaskan oleh beberapa makna atau arti tentang kognitif yaitu; 1) kognitif adalah kemampuan untuk berpikir secara abstrak. 2). bahwa kognitif adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, 3) kognitif adalah intelektual ditambah dengan pengetahuan, 4). bahwa kognitif adalah teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indra. Terdapat beberapa alternative yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif yaitu dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat diterapkan dalam kurikulum apa saja, bidang study apa saja, dan kelas yang bagaimanapun keadaannya, dalam pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan melakukan hal sebagai berikut: (1). menstimulasi pemikiran anak dengan cara bekerja sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan  barunya. (2) melakukan pembelajaran melalui kegiatan inkuiri untuk semua topic/tema (3). Mengembangkan rasa ingin tahu dengan memberikan kesempatan untuk bertanya. (4). menciptakan suasana masyarakat belajar. (5). Menghadirkan contoh pembelajaran melalui  refleksi di akhir pertemuan (5). Melakukan penilaian .penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan, teknik pengumpulan datanya adalah; metode tes,wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontextual teaching learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok B di TK darul Muhsinin.

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Contextual Teaching Learning


Full Text:

PDF

References


Gagne Robert M. and Lesilie J,Bringgs,prinsip les of Instruksional Design, New York: holt, rikhart, anda Wiston,1999.

Suherli, Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Dalam http://irfarazak.blogspot.com/2009/04/model-pembelajaran-kontekstual.html

Saekhan,2008. Pembelajaran Kontektual.Jakarta RaSAIL Media Group.

Suyatno, Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran dalam http://www.klubguru.com, 03 Maret

Hurlock. E. B. 1995. Perkembangan Anak, jilid 2 edisi ketujuh. Jakarta. PT. Gelora Pratama.

Nurani Sujiono, Yuliani dkk. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta:Universitas Terbuka.

Sukmadinata, N. S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Isaac, S. & Michael, W. B (1984). Handbook In Research And Evaluation: For Education and The Behavioral Science. San Diego: California 92107 Edit Publisher.

Setyosari, P., dan Widijoto, H. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S.2013. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan B.Bandung.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v4i2.3575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.