HUBUNGAN ANTARA PERILAKU ASERTIF DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA MTs. NW TANAK MAIK MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Abstract
Perilaku asertif merupakan tingkah laku yang bersifat terbuka, bersikaf jujur, bertanggung jawab menghargai pendapat orang lain dan bisa memahami lingkungan sekitar yang bisa mengekspresikan dalam diri individu dan lingkungan sosial memudahkan untuk menentukan perencanaan. Perencanaan karir merupakan suatu langkah yang dilakukan oleh siswa dalam menentukan arah pilihan karir sesuai dengan harapan agar siswa tidak salah dalam mengambil keputusan karir seperti kelanjutan studi, cita-cita serta pekerjaan yang diinginkan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut apakah ada hubungan antara perilaku asertif dengan perencanaan karir pada siswa MTs. NW Tanak Maik Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku asertif dengan perencanaan karir pada siswa MTs. NW Tanak Maik Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok sedangkan metode obserpasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pelengkap.Adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berumlah81 orang siswa. Analisis data dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=81 orang, nilai rhitung>rtabel atau 0,742>0,213 yang berarti penelitian ini dinyatakan signifikan artinya hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi ”tidak ada hubungan antara perilaku asertif dengan perencanaan karir pada siswa MTs. NW Tanak Maik Masbagik Kabupaten Lombok Timur” di tolak, sedangkan hiptesis alternatif (Ha) yang berbunyi ”ada hubungan antara perilaku asertif dengan perencanaan karir pada siswa MTs. NW Tanak Maik Masbagik Kabupaten Lombok Timur ” diterima.
Kata Kunci :Perilaku Asertif, Perencanaan Karir
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka.
Adiputra, Sofwan. 2015. “Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa”. Jurnal Fokus Konseling, (Online), Vol 1, No. 1. (https://core.ac.uk/download/pdf/229583727.pdf).
Dillard. J. M. (1985), Lifelong Career Planing. Ohio: A bell & Howell Company Colombus
Falmer, Froknor, ”http:zhalabe.blogspot.comdiaksese hari kamis 17 Desember 2015, pukul 19:30 WITA
Gunarsa, Singgih D. 2009. Konseling dan Psikotrapi. Jakarta : Gunung mulia.
Khan, Rosa,Imani.2012. Perilaku Asertif, Harga Diri dan Kecenderungan Depresi, Jurnal Psikologi Indonesia.
Sofwan Adiputra, “Penggunaan Teknik Modeling terhadap Perencaan Karir Siswa”, Jurnal Fokus Konseling, Volume 1 No. 1, Januari 2015.45-46.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyonto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. CAPS (Center for Academic Publishing Service), Yogyakarta.
Winkel, W. S & Hastuti, S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Walgito, Bimo,2010. Bimbingan dan Konseling (Studi &Karir).Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3335
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.