PERSEPSI SISWA MENGENAI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER YANG COCOK UNTUK GENERASI MUSLIM MILENIAL DI KOTA MATARAM

M Faqih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi siswa mengenai pendidikan karakter yang cocok untuk generasi muslim milenial di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuanitatif dengan teknik survey. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Slovin. terpilih 25 sekolah tingkat menengah atas. Jumlah responden sebanyak 325 orang yang dipilih secara acak (random sampling). Hasil survey menemukan bahwa (1) sebanyak 95% siswa menegah atas di Kota Mataram adalah muslim milenialis.(2) ada sembilan karakter siswa muslim milenial; (3) ada tujuh prinsip pendidikan karakter yang cocok untuk siswa muslim milenial; (4)menemukan manajemen pendidikan karkter yang cocok dengan siswa muslim milenial; (5) Budayasekolah yang cocok dengan generasli muslim milenial; (6) Kepemimpinan sekolah yang cocok untuk generasi muslim milenial. Survey merekomendasikan agar (1) ke depan sekolah perlu merancang pendidikan karakter yang sesuai dengan karakter generasi muslim milenial dan prinsip pendidikan karakter muslim milenial. (2) ke depan sekolah perlu merancang budaya sekolah yang sesuai prinsip dan karakter generasi muslim milenial; (3) menyiapkan kepemimpinan sekolah yang cocok dengan karakter dan prinsip pendidikan karakter generasi muslim milenial.

 

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Manajemen, Pendidikan Karakter, Generasi Muslim Milenial


Full Text:

PDF

References


Centre For Strategic and International Studies (CSIS), 2017. Ada Apa Dengan Milenial?

Orientasi Sosial, Ekonomi Dan Politik. Jakarta: RilisdanKonferensiPersSurvei CSIS 2017

Noorhaidi Hasan (2017) LiteraturKeislamanGenerasiMilenialTransmisi, Apropriasi, Dan Kontestasi. Yogyakarta: UIN SunanKalijaga Press

Strauss, W., & Howe, N. (1991). Generations: The History of America’s Future, 1584 to 2069. New York, NY: William Morrow and Company.

USchamberfoundation.org “National Chamber Foundation (NCF), TheMilenial Generation Research Review”.

Wartakota.com. 2020.Survei Tingkat KarakterPesertaDidik di JenjangPendidikanMenengah Level Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v5i1.3120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.