PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 5 BANYUMULEK KABUPATEN LOMBOK BARAT
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Banyumulek dengan menerapkan model Problem Based-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan II menujukkan bahwa, persentasi ketercapaian siswa pada siklus I adalah 53%. Pada siklus II persentasi ketercapaian siswa adalah 80%, sedangkan dari hasil observasi aktivitas terhadap guru pada siklus I dan siklus II menujukkan bahwa persentasi ketercapaian guru pada siklus I adalah 80%, dan pada siklus II persentasi ketercapaian guru adalah 100%, dan hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 71.42%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 89.29%. Sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17.78%, ini menandakan bahwa dengan penerapan metode Problem Based-Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok pengerjaan hitung bilangan pecahan di kelas V SD Negeri 5 Banyumulek tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Problem Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Aren, R. I. (2008). Learning to teach (7th ed). New York: McGraw Hill Companies.
Aqib, Z. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Yarma Widya.
Barrows. (1982). Problem based-learning an approach of medical education. New York: Springer Publishing.
Cheong, F. (2008). Using a problem based learning approach a teach an intelligent system course. Jurnal of Information Technologi Education.
Djamarah, S.B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2000). The power of problem based learning: a practical “how to” for teaching undergraduate courses in any discipline. Sterling: Stylus Publishing LLC.
Gintings, A. (2008). Esensi praktis belajar dan pembelajaran. Bandung: Humanior.
Hamalik, O. (2001). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Irzani. (2010). Pembelajaran matematika panduan praktis untuk pengajaran SD dan MI. Yogyakarta: Mandiri Graffindo Press.
Irzani. (2009). Strategi belajar mengajar matematika. Yogyakarta: Media Grafindo Press.
Kusmiati. (2006). Model-model penelitian. Jakarta: Gramedia.
Leven, B. B. (2001). Energizing teacher education and profesional development with problem based learning. Alexandria: Association for Supervision and Curricculum Development (ASCD).
Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran. Jakarta Gaung: Press Persada.
Nurkencana, W. (1983). Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nur, A. (2004). Matematika klas IV sekolah dasar. Karangano: Cempaka Putih.
Pepper, C. (2009). Problem based learning in science. Jurnal: Issues in Educational Research. Volume 9 (2).
Ruseffendi. (2009). Strategi belajar mengajar matematika. Yogyakarta: Media Grafindo Press ,.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama.
Tan, Oon-Seng. (2009). Problem based learning and creativity. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v5i1.3119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.