PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN
Abstract
Bimbingansosial adalah seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat menghadapi sendiri masalah-masalah sosial yang dialaminya, mengadakan penyesuaian sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan sosial dan kegiatan rekreatif yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang dialaminya. Kemandirianadalah kemampuan untuk mengelola semua milik kita, tahu bagaimana mengelola waktu, berjalan dan berfikir secara mandiri, disertai kemampuan untuk mengambil resiko dan memecahkan masalah yang adadalamdirikita. Rumusan masalah dalampenelitianiniadalahapakahadapengaruhbimbingansosial terhadapkemandirianpadasiswakelas VII SMPN 1 Jonggat Lombok Tengah.Tujuandalampenelitianini adalahinginmengetahuipengaruhbimbingansosial terhadapkemandirianpadasiswakelas VII SMPN 1 Jonggat Lombok.Adapun jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental Design (nondesign) atau eksperimen tidak murni, dan salah satu bentuk eksperimennya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Jonggat Lombok Tengah sejumlah 150 orang siswa, sampel yang digunakan adalah 30 orang siswa yang diambil dari 20% dari jumlah populasi, hasil wawancara dan diperkuat dari hasil angket. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini t hitung lebih besar dari t tabel (12,568>2,045) dengan demikian penelitian ini signifikan sehingga kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemandirian Pada Siswa Kelas VII SMPN1 Jonggat Lombok Tengah.
Kata Kunci :BimbinganSosial, Kemandirian
Full Text:
PDFReferences
Ali &Asrori. 2010. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Fatimah, E. 2010.Psikologi Perkembangan Pesertadidik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hasan Basri. 2000. Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Steven R. Covey. 1997.The Seven Habits of Highly Effective People, terjemahan Budijanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Sukardi. 2004. Pengantar Pelaksanaan Program BK di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumahamijaya Suparman, dkk. 2003. Pendidikan Karakter Mandiri Dan Kewirausahaan. Bandung:Angkasa.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasisintegrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Parker.2006.Developing Children Indepedency and Estemm, Diterjemahkan oleh Bambang Wibisono, Jakarta:Prestasi Pustaka.
Yuliani Nurani Sujiona. 2007. Buku Ajar Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:UNJ.
Yamin Martinis, Sanan Jamilah Sabri. 2013. Panduan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini).Ciputat: Gaung Persada Press Group.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v5i1.3118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.