EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME

Dewi Rayani, Wiwik Zainar Sri Utami

Abstract


Autisme merupakan gangguan perkembangan yang ditandai dengan kegagalan dalam interaksi , komunikasi dan perilaku. Anak dengan gangguan ini dikatakan hidup dalam dunianya sendiri. Salah satu penanganan autisme dengan pemberian terapi. Adapun  materi yang ada dalam teripi ini dikemas dalam bentuk game adobe flash. Adapun tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas game adobe flash untuk melihat kemampuan interaksi pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan one group , pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 3orang siswa autisme di SLB Pembina Provinsi NTB. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dengan uji statistic Wilcoxon march pairs tes. Adapun hasil yang didapatkan adalah signifikan hal ini ditunjukkan berdasarkah adanya perbedaan nilai pretes dan posttest dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan game adobe flash sangat efektif untuk melatih kemampuan interaksi siswa autime. Kata Kunci: Media Game Dobe Flash, Autisme    LATAR

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimin, 2010. Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta. Jakarta Bambang, S. Arifin.,2015. Psikologi Sosial. Bandung. Pustaka Setia Handojo, y., 2009 Autisme pada Anak, Menyiapkan anak Autis untk mandiri dan masuk Sekolah Reguler dengan Metode ABA basic. Jakarta Buana Ilmu Populer. M. Ali dan Mohammad Asrori, 2004. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara Sugiono., 2013 , Metode penelitian kualitatif , Kuantitatif an R &D . Bandung. Alfabeta Slamet, Santoso., 2010 Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung Refika Aditama Triantoro, Safaria., 2005. Autisme Pemahaman Baru untuk Hidup Bermakna bagi Orang Tua . Yogyakarta. Garaha ilmu Wiwik, z. 2015., Pengembangan Modifikasi Game dobe flash jurnal. IKIP Mataram Yuwono, Joko., 2009. Memahami Autistik. Bandung Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.3014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.