EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Lu`luin Najwa, Ahmad Muslim

Abstract


Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis pada tema. Salah satu pertimbangan yang digunakan dalam pengembangan kurikulum tematik ini adalah proporsi keragaman dalam banyak mata pelajaran. Hasilnya adalah satu tema dalam Kurikulum 2013 dapat berisikan substansi dari beberapa mata pelajaran. Tidak sedikit problematika yang dapat ditemukan dalam implementasi pembelajaran tematik ini, mulai dari kompetensi guru yang harus menyesuaikan diri dengan tuntutan kurikulum, siswa yang dihadapkan pada kuantitas materi yang tidak sedikit, dan orang tua yang hampir semuanya tidak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup mengenai pembelajaran tematik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tematik yang terjadi di dalam kelas, dan dipotret dari perspektif guru dan siswa. Penelitian merupakan penelitian evaluasi dengan fokus pada aspek transactions, salah satu komponen evaluasi dalam Countenance Model dari Stake. Data dikumpulkan dengan angket dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif, dan dibandingkan dengan kriteria normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari pesepektif guru, sebanyak 88,60% guru telah dapat mengimplementasikan pembelajaran tematik yang sudah direncanakan sebelumnya, (2) sebanyak 76,47% guru telah dapat melaksanakan tahapan penilaian hasil belajar dengan baik, dan (3) dari perspektif siswa, sebanyak 54% telah menunjukkan keaktifan yang diharapkan ketika mengikuti proses pembelajaran tematik, dan sebanyak 46% masuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut, diantara saran yang dapat diberikan adalah bagaimana guru, sebagai individu yang bertanggung jawab dalam proses pembelajaran di kelas, dapat menstimulus siswa untuk dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Orientasi Kurikulum 2013 yang lebih pada students- centered harus lebih dapat diwujudkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.  
Kata Kunci: Efektivitas, Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


M Nuh, 2014, diambil dari https://nasional.tempo.co/read/450576/m- nuh-kurikulum-2013-harus-bertahan-15- tahun/full&view=ok. 2. M Nuh, 2013, diambil dari https://www.liputan6.com/news/read/2146 272/eks-mendikbud-m-nuh-blak-blakan- peralihan-ktsp-ke-kurikulum-2013. 3. https://news.okezone.com/read/2014/12/13 /65/1078818/polemik-kurikulum-2013- anies-salahkan-m-nuh. 4. Rina Wahyuni & Teti Berliani, Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/art icle/view/6349. 5. Erlan Dwi Rusianto, Refleksi Respon Guru terhadap Penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 1 Ngaglik, diambil dari https://eprints.uny.ac.id/53264/1/skripsi%2 0full%20pdf.pdf. 6. Kemendibud, 2014-a, diambil dari https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/ dokumen/Paparan/Paparan%20Mendikbud %20pada%20Workshop%20Pers.pdf. 7. Kemendibud, 2014-b, https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/ dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik. pdf.

9. UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 10. Mulyasa, E., 2014., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 11. _________. 2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 12. Aisyah Nur Rahmawati Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education – Vol .2, No. 1 (2018) 114-123 - http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/inde x. 13. Iqbal, Muhammad, Efektivitas Penyelenggaraan Pendidikan dan Alternatif Pendekatan Penelitian Efektivitas, Jurnal Visionary Volume 5 Nomor 1 Edisi April 2018 ISSN (2503- 4669).

Rumahlatu, Dominggus., Huliselan, K. Estevanus., Takaria, Johanis. An Analysis of the Readiness and Implementation of 2013 Curriculum in The West Part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal of Environmental & Science Education 2016. Vol 11 No 12. Diakses pada tanggal 19 April 2019 pukul 17.38 Wita.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v4i2.3007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.