EVALUASI TINGKAT KETERPAKAIAN KOLEKSI PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN 1 LABUAPI

Baiq Rohiyatun, Menik Aryani

Abstract


Perpustakaan dapat dikatakan berhasil jika banyak digunakan oleh pemustakanya. Salah satu aspek penting untuk membuat perpustakaan itu banyak digunakan pemustaka adalah ketersediaan koleksi yang memenuhi kebutuhan penggunanya. Kegiatan evaluasi terhadap bahan pustaka perlu dilakukan agar dapat mencapai tujuan Perpustakaan SMAN 1 Labuapi pada bulan Januari sampai bulan Desember 2018 memiliki 447  judul buku dengan 4.140 eksemplar buku. Berbagai macam bahan pustaka yang terdapat disirkulasi terdiri dari buku teks dan buku untuk pengembangan ilmu (bahan pustaka umum). Untuk mengetahui bahan pustaka apa saja yang dibutuhkan pengguna perpustakaan di awal tahun ajaran perpustakaan menyebarkan formulir penambahan bahan pustaka keseluruh guru masing-masing mata pelajaran untuk mengisi judul buku yang diperlukan, baik itu buku wajib maupun buku pengayaan informasi bagi pengguna. Jumlah judul dan eksemplar juga belum memenuhi rasio jumlah siswa dan buku ditetapkan pemerintah. Strategi promosi yang dilakukan dengan membangun komunikasi dengan pengguna, merupakan pemanfaatan ilmu komunikasi dalam segala kegiatan promosi, oleh karena itu diperlukan kemampuan dalam berkomunikasi dengan pengguna, lingkungan, fasilitas dan bahan pustaka yang ada. Analisis kekuatan dan kelemahan koleksi diperlukan untuk mengetahui kedalaman dan kelengkapan koleksi dalam subjek tertentu. Kemudian elemen-elemen yang perlu diperhatian dalam mengembangkan bahan pustaka perpustakaan adalah perpustakaan harus mengkaji siapa penggunanya, mengkaji layanan jasa informasi apa yang diinginkan pengguna, mengkaji benefit yang dicari pemustaka, menganalisa kekuatan, kelemahan, dan peluang yang dimikili perpustakaan, serta jasa yang ditawarkan, mengkaji kekuatan dan kelemahan kompetisi, memahami perbedaan antara perpustakaan dan kompetisi dan membuat perencanaan yang dapat diaplikasikan untuk mencapai tujuan.  
Kata Kunci: Evaluasi, Koleksi Pustaka, Pustakawan, Promosi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhineka Cipta. Aslicha, Lilik, Bambang Prasetyo dan Prasetya Irawan, 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Universitas Terbuka. Blagden, J & J Harrington, 1990. How good is your library?, a review of approach to the evaluation of libarary information service. London:Aslib. Departemen pendidikan nasional RI, 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi : buku pedoman Ed.3. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Evans, Edward G. and Margaret Zarnosky Saponaro, 2005. Developing Library and Information Center Collection. London : Libriries Unlimited. Harahap, Irma Efrida. 2010. Hubungan Ketersediaan Koleksi dengan Penggunaan Koleksi pada Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Medan : Departemen Studi Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Jain, A. K., 1969. Sampling and Data Collection Methods for a Book-Use Study. Chicago : The University of Chicago Press. Lasa, HS. 2005. Manajemen Perpustakaan.

Yogyakarta: Gama Media. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta. Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto. Saleh, Abdul Rahman dan Rita Komalasari, 2010. Manajemen Perpustakaan. Jakarta : Universitas Terbuka Thompson, Ronald L, 1991. Personal Cumputing : Toward a Conceptual Model of Utilization. MIS Quarterly. Vol 15 No.1 Yulia, Yuyu dan Janti Gristinawati Sujana, 2009. Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas Terbuka Evan, G. Edward. 2005. Developing Library and Information Center Collections. Fifth Edition. Colorado: Libraries Unlimited. Lasa, 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media. Sulistyo-Basuki.2010. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka. Yulia, Yuyu dan Janti Gristinawati Sujana.2009. Pengembangan Koleksi. Jakarta : Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v4i2.3001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.