HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VII MTs MANBA’UL BAYAN LINGKUNG KABUPATEN LOMBOK TENGAH
Ismariyati Kiwang, Ani Endriani
Abstract
Kepribadian adalah ketrampilan atau kecakapan sosial (social skill), dan kesan yang paling menonjol, yang ditunjukan seseorang terhadap orang lain (seperti seseorang yang dikesankan sebagai orang yang agresif atau pendiam). Sedangkan kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali diri sendiri, mengelola emosi dengan produktif, dan membina hubungan dengan baik, mengenali perasaan sewaktu perasaan yang dirasakan terjadi merupakan dasar kecerdasan emosional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kepribadian dengan kecerdasan emosi siswa kelas VII MTs.Manba’ul Bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepribadian dengan kecerdasan emosi siswa kelas VII MTs. Manba’ul Bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di MTs. Manba’ul Bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan data adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tekhnik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepribadian dengan kecerdasan emosi siswa pada kelas VII di MTs. Manba’ul Bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelejaran 2015/2016 , diperoleh berdasarkan analasisi data pada siswa kelas VIII SMPN Negeri 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016, di peroleh berdasarkan analisis data menggunakan rumus product moment diperoleh hasil yakni r hitung sebesar 0,579, sedangkan nilai r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 19 tersebut diperoleh sebesar 0,456. Dengan demikian, nilai r hitung menunjukkan lebih besar dari pada nilai r tabel sebesar 0,579 atau (0,58> 0,456. Kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Ada hubungan antara kepribadian dengan kecerdasan emosi siswa pada kelas VII di MTs. Manba’ul bayan Lingkung Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelejaran 2015/2016 Signifikan. Kata Kunci : Kepribadian, Kecerdasan Emosi
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta Cervone, Daniel., Pervin, Lawrence A. (2011). Kepribadian: Teori dan Penelitian. Edisi 10, Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika. Eni Ekawati. (2011). Hubungan Antara Pemahaman Diri Dengan Pengendalian Emosi Siswa SMP Negeri 1 Kayangan Lombok Utara Tahu Pelajaran 2010/2011(skripsi) IKIP Mataram. Fatimah, Enung. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung : CV. Pustaka Setia Nurihsan. Juntika.(2009).Landasan Bimbinga n dan Konseling: Bandung PT.Remaj a Rosdakarya Purwanto Ngalim M. (2013). Psikologi pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sobur, Alex.(2009). Psikologi Umum. Bandung : CV. Pustaka Setia. Yusuf Syamsu (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakary