PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Menik Aryani, Lu`luin Najwa

Abstract


Abstrak : Era revolusi industri 4.0 yang populer saat ini di  masyarakat merupakan sejarah baru peradaban. Era ini ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi dan batas antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya yang semakin cepat melalui teknologi informasi dan komunikasi.Dunia pendidikan Indonesia juga tidak luput dari perubahan ini, pemerintah mempersiapkan diri dengan merubah penerapan metode pembelajaran di sekolah. Metode pembelajaran di sekolah dapat merubah sifat dan pola pikir anak didik, mampu mengembangkan bakat anak, dan lembaga pendidikan harus mampu mengubah model belajar sesuai kebutuhan jaman.Tuntutan jaman bagi peserta didik di era yang sangat kompetitif ini adalah dibutuhkannya kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, mampu dan terampil berkomunikasi, bekerja sama dan percaya diri.Perkembangan revolusi industri berdampak pula pada pengembangan karakter anak.Anak harus mampu menyaring informasi yang positif, kemudian diaktualisasikan dalam perilaku yang positif.Dalam kaitannya dengan pembentukan karakter dan perkembangan revolusi industri, upaya yang perlu dilakukan pemerintah dalam bidang pendidikanadalah perlunya orientasi kepada peningkatan kreatifitas salah satunya melalui pendidikan kewirausahaan.Nilai-nilai yang terdapat dalam pendidikan kewirausahaan dapat bersinergi dengan pengembangan karakter bangsa yang diharapkan di era revolusi industri saat ini. Persaingan dalam segala bidang perlu didukung oleh sikap dan perilaku yang positif agar para peserta didik mampu bertahan dan bersaing.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Pembentukan Karakter.


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2012. Menggeluti Dunia Wirausaha. Gava Medi: Yogyakarta.

Kusuma, Indah. Adevia. 2017. Strategi Manajemen Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) Vol. 4 No 1. [online]

Nurhafizah. 2018. Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling Indonesia. Volume 6 Nomor 2 Halaman 62-66. Dipublikasikan di Indonesian Institute for Counseling Education and Therapy (IICET).

Rosyana, Farah. Dhian. Pembelajaran Nilai-nilai Kewirausahaan Bagi Anak usia Dini (Studi Kasus) di TK Khalifah Sukonadi Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yamin dan Sannan. 2013. Panduan PAUD: Pendidkan Anak Usia Dini. Jakarta: Referens




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.1979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.