Analysis of Student Management Strategies in Strengthening Extracurricular Achievements in Scouting at SMAN 1 Cisaga Ciamis

Authors

  • R. Supyan Sauri Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Wawan Kuswanda Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Rini Riyanti Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Leni Eka Yuniar Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Nenden Rosmaya Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/vis.v13i2.16703

Abstract

This study aims to analyze student management strategies in supporting extracurricular Scout activities and their impact on character building and student achievement at SMAN 1 Cisaga, Ciamis. The background of this study is based on the reality of the low effectiveness of scout activities in schools, which results in minimal student involvement and suboptimal character-building outcomes. This study employed a qualitative approach using a case study method. Data were collected through in-depth interviews, observations, and documentation and analyzed using Miles and Huberman’s interactive model. The results indicate that the main challenges in implementing scouting activities include low student participation, limited resources, low motivation, insufficient trainer training, and poor communication. The student management strategies implemented include the development of participatory programs, capacity building for instructors, and creating a supportive environment. Systematic scouting activities have been shown to improve discipline, leadership, independence, and academic achievement among students. This study recommends strengthening participatory and evaluative extracurricular management policies and cross-sector collaborations to support successful character building through scouting. These findings are expected to contribute to more responsive and contextual educational management practices at the secondary-school level.

Keywords: Student Management, Scouting, Extracurricular

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kesiswaan dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan dampaknya terhadap pembentukan karakter serta prestasi siswa di SMAN 1 Cisaga, Ciamis. Latar belakang penelitian didasarkan pada realitas rendahnya efektivitas pelaksanaan Pramuka di sekolah, yang berakibat pada minimnya keterlibatan siswa dan tidak optimalnya hasil pembinaan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka meliputi partisipasi siswa yang rendah, keterbatasan sumber daya, rendahnya motivasi, kurangnya pelatihan pembina, dan lemahnya komunikasi. Strategi manajemen kesiswaan yang diterapkan meliputi penyusunan program partisipatif, pengembangan kapasitas pembina, dan penciptaan lingkungan pendukung. Kegiatan Pramuka yang dikelola secara sistematis terbukti mampu meningkatkan kedisiplinan, kepemimpinan, kemandirian, serta prestasi akademik siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kebijakan manajemen ekstrakurikuler berbasis partisipatif dan evaluatif, serta kolaborasi lintas pihak untuk mendukung keberhasilan pembinaan karakter melalui Pramuka. Temuan ini diharapkan berkontribusi terhadap praktik manajemen pendidikan yang lebih responsif dan kontekstual di tingkat sekolah menengah.

Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Pramuka, Ekstrakurikuler

References

Anwar, S. (2024). Education as a Practice of Liberation: A Synthesis of Freire’s and Habermas’ Philosophical Contributions to Emancipatory Consciousness. AIM: Journal of Islamic Education Management, 2(3), 228–247.

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886

Anwar, S., Maulani, F., Lutfiah, W., Syadiah, S. I. H., & Azizah, A. S. N. (2025). Integrasi Nilai Ketauhidan dan Ekopedagogi dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah untuk Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. TSAQAFATUNA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(1).

Asih, D. A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen kesiswaan dalam peningkatan prestasi siswa sekolah dasar. Academy of Education Journal, 12(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.461

Bahri, D., & Basri, S. (2021). Manajemen program Adiwiyata sekolah di SD BTN IKIP 1 Makassar. Jurnal Administrasi Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan (Jak2p), 2(2). https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.11962

Devi, I., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Implementasi manajemen kesiswaan di SMAN 1 Tigo Nagari. Al-Marsus: JMPI, 1(1). https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6454

Dewi, E., Syukri, M., & Usiono. (2022). Manajemen kesiswaan dalam pengembangan potensi peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta Yaspi Labuhan Deli. Algebra Jurnal Pendidikan Sosial dan Sains, 2(4). https://doi.org/10.58432/algebra.v2i4.575

Erliansyah, D. (2023). Implementasi pendidikan karakter disiplin dalam proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka: Sebuah tinjauan studi kepustakaan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.125664

Fachruddin, F., Amiruddin, A., Lidan, A., Putra, E., Nasution, S., & Yuliana, Y. (2022). Pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2166

Hardiani, H. (2022). Strategi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siswa MTs DDI Ujung Lero. Comserva: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(7). https://doi.org/10.59141/comserva.v2i7.444

Haryanto, H. (2024). Evaluasi program ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter disiplin di SDN Rambutan 03. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8). https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3258

Hasanah, R., & Sukri, S. (2023). Manajemen ekstrakurikuler Pramuka dalam meningkatkan mutu peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Margaharja Ciamis. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9565

Hasnadi, H. (2022). Manajemen peserta didik pada satuan pendidikan. Manajemen Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.20240

Holmes, K., & Prieto, E. (2018). Student and staff perceptions of a learning management system for blended learning in teacher education. Australian Journal of Teacher Education, 43(3). https://doi.org/10.14221/ajte.2018v43n3.2

Komarudin, D., & Anwar, S. (2024). Environmental Awareness: A Phenomenological Study of Al-Faruq and Bahrul Hidayah Islamic Boarding Schools in Bandung. International Journal of Nusantara Islam, 12(2), 150–160. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ijni.v12i2.44051

Lestari, N., & Ali, A. (2022). Strategi pembinaan karakter pada santri melalui ekstrakurikuler Pramuka di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. Tadbiruna, 2(1). https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.366

Musrianah, M., Abdullah, G., & Murniati, N. A. N. (2022). Implementasi pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.7992

Nopiyerto, N. (2021). Manajemen pembiayaan pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(2). https://doi.org/10.33369/mapen.v15i2.17275

Nurasiah, N., & Hayati, C. I. (2023). Implementasi manajemen kesiswaan dalam merekrut data peserta didik MA/SMK Dayah Ulumuddin Kota Lhokseumawe. Ji, 12(2). https://doi.org/10.22373/ji.v12i2.21321

Nurdiana, M., & Prayoga, A. (2018). Fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di madrasah. Madrasa Journal of Islamic Educational Management, 1(1). https://doi.org/10.32940/mjiem.v1i0.2

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler Pramuka terhadap karakter disiplin siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Putri, S. D. (2024). Peran ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter siswa kelas IV-V Sekolah Dasar Negeri 5 Mataram. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.4990

Qoustaulani, B. M. (2023). Pengaruh manajemen kesiswaan terhadap pembentukan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(4). https://doi.org/10.19109/pairf.v5i4.18371

Qulub, M., & Puspitasari, A. D. (2024). Analisis karakter disiplin siswa kelas V SDN Banyuajuh 2 pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka materi PBB. EduFA, 2(2). https://doi.org/10.61692/edufa.v2i2.109

Ramadhan, M. L., & Ikhlas, A. (2024). Peran kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa di Pondok Pesantren Modern Diniyah Pasia. Alsys, 4(4). https://doi.org/10.58578/alsys.v4i4.3115

Rosyid, R., Wahyudin, W., Supendi, S., Achmad, A., & Idrus Alwi, A. H. (2024). Implementasi standar penjaminan mutu bidang kesiswaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3799

Sa’diyah, H. H., & Santoso, S. (2022). Upaya pembina Pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Situbondo. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(1). https://doi.org/10.36835/edukais.2022.6.1.30-45

Setyastuti, E., Kusumaningsih, W., & Ginting, R. B. (2024). Pengembangan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui ekstrakurikuler Pramuka SD Negeri Bejen Temanggung. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 13(2). https://doi.org/10.26877/jmp.v13i2.18922

Silfiyaningsih, M. (2024). Manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan, 1(1). https://doi.org/10.69551/cendekia.v1i1.1

Suherman, U., Cipta, E. S., Anwar, S., Kadir, W. A., Fakhrurrozi, M. F., Namira, S. H., & Halimatussadiyah, W. (2025). Implementing a Kindness-Based Leadership Strategy in Islamic Elementary Education. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 281–292.

Sulastri, A., & Nugraha, M. S. (2024). Implementasi pengelolaan kesiswaan dalam peningkatan kualitas pendidikan berdasarkan IASP 2020 di MI Manba’ul Huda Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 4(2). https://doi.org/10.31602/jmpd.v4i2.15368

Sutrisno, S. (2021). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen kurikulum dan kesiswaan. Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan, 1(1). https://doi.org/10.58218/kasta.v1i1.1162

Usman, R. A., & Anggraini, R. (2020). Kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka untuk membentuk perilaku disiplin anggota Pramuka SMP Negeri 10 Padang. Journal of Civic Education, 3(2). https://doi.org/10.24036/jce.v3i2.339

Wati, R., & Farhan, R. M. (2024). Manajemen kesiswaan dalam upaya pencegahan kasus perundungan di SMP Rimba Teruna Kota Bogor. Karimahtauhid, 3(5). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13520

Wijaya, Y. S. (2021). Deskripsi manajemen kesiswaan di SMA Swadhipa Natar. JAE, 1(1). https://doi.org/10.33365/jae.v1i1.29

Downloads

Published

2025-10-04

How to Cite

R. Supyan Sauri, Wawan Kuswanda, Rini Riyanti, Leni Eka Yuniar, & Nenden Rosmaya. (2025). Analysis of Student Management Strategies in Strengthening Extracurricular Achievements in Scouting at SMAN 1 Cisaga Ciamis. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 13(2), 239–248. https://doi.org/10.33394/vis.v13i2.16703

Issue

Section

Articles

Citation Check