The Efficacy of Adobe Flash CS6-Based Interactive Learning Media in Enhancing Student Academic Performance

Hermawansa Hermawansa, Putri Milanda Bainamus, Pamela Mikaresti, Bogy Restu Ilahi, Edy Susanto

Abstract


This study aims to Effectively Utilize Adobe Flash CS6-Based Interactive Learning Media in Improving the Learning Outcomes of State Junior High School Students 03 South Bengkulu. This research method is a descriptive quantitative experiment. The design that will be used is Design One Pretest-Posttest Group. The subjects of this study are 30 students of Grade seven B State Junior High School 03 South Bengkulu. The instrument used was 20 multiple-choice questions. The results of the study with paired sample test showed  that the value  of asym sig. (2-tailed) of 0.00 < 0.05 so that it was rejected and accepted, which means that there is an effectiveness of interactive learning media based on adobe flash CS6 in improving student learning outcomes in the informatics subject of grade VII at SMP Negeri 3 South Bengkulu. It can be concluded that Adobe Flash CS6-based interactive learning media is effective in improving student learning outcomes in the informatics subject of grade VII at State Junior High School 03 South Bengkulu South Bengkulu.

Keywords: Effectiveness, Learning Media, Adobe Flash CS6.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, S., Amalia, E. N., Afifa, R., Natasya, L., & Kuntarto, E. (2024). Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4(6), 982–992.

Budi, S. S., & Miaz, Y. (2023). Multimedia interaktif berbasis aplikasi adobe flash cs6 pada pembelajaran tematik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 264–272.

Fauziyah, L. S., Sugiman, S., & Munahefi, D. N. (2024). Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Media Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 936–943.

Firdos, I. I., Permatasari, I., Rahmawati, M., & Wahyono, W. (2023). Peranan teknologi dalam mengembangkan inovasi pembelajaran pada pendidikan sekolah dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 33–38.

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs6 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910–1924.

Kurniawan, A., & Jakak, P. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor Pada Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X. Binary: Jurnal Teknologi Informasi Dan Edukasi, 1(2), 1–10.

Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lestari, N. (2023). Media Pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Penamuda Media.

Liady, F., Jasiah, J., Fitria, E., Anggraeni, N., Oktarina, H., & Nurlita, S. (2022). Pendampingan literasi teknologi. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 547–554.

Madona, A. S., Pebriyenni, P., Dasfitri, E., Yuza, A., & Rosyid, F. E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Keragaman Budaya Nasional Berbasis Multimedia Interaktif: Respon Guru dan Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 329–347.

Mulyoto, R. H., Sutirna, S., & Effendi, K. N. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif menggunakan Adobe Flash Pada Materi Deret Aritmatika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 170–179.

Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4613–4618.

Nasarudin, N. N., Samsi, S. A., Sarimuddin, S. S., & Mada, Z. M. Z. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Berbasis Adobe Flash Cs 6 dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 14 Bombana. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 10(1).

Nasution, M. B. K., Ritonga, T. R., Kurniawan, R., Ritonga, S. I., & Pohan, M. M. (2024). Analisis Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka pada Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Adobe Flash Professional CS6. ALACRITY: Journal of Education, 267–275.

Nisa, K., & Syafe’i, I. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 418–427.

Nisak, S. K., & Rahmah, L. U. (2024). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi. PENA: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(01), 15–21.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28.

Prayudi, A., & Anggriani, A. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Google Sites untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 1(1), 9–18.

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen penilaian hasil pembelajaran kognitif pada tes uraian dan tes objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2).

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa.

Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan modul projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) menggunakan flip pdf profesional bagi guru sma negeri 1 tirawuta: persiapan implementasi kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5.

Satriawan, R., Fahrurrozi, F., Endriana, N., Hayati, N., Hirzi, R. H., & Haspani, D. E. K. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA Pembelajaran Materi Bilangan Berbasis Audio Visual Menggunakan Adobe Flash Profesional CS6. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 9–20.

Setiyanto, S., Utomo, I. C., Dawis, A. M., Yuliati, T., Nugraha, N. B., Maniah, M., Natsir, F., Suhendi, H. Y., & Syujak, A. R. (2023). Multimedia Dan Sains Penerapan Teknologi Untuk Penelitian Dan Penyampaian Informasi. Penerbit Widina.

Siagian, N. A. (2024). Revolusi Pembelajaran Akuntansi Dengan Memanfaatkan Teknologi Interaktif Baru dalam Media Pembelajaran dengan Adobe Flash. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 3(01), 38–47.

Sinaga, W. S. E., Yusnaidar, Y., Syahri, W., & Muhaimin, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Multipel Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 81–91.

Sukmawati, F., & Santosa, E. B. (2022). Technological pedagogical content knowledge dalam pembelajaran abad 21. Pradina Pustaka.

Taufik, A., & Saputra, A. M. A. (2023). Desain Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Android Menggunakan Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Komputer Smk Gunung Sari 1 Makassar. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 2(1), 68–77.

Tri, P. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD/MI. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.

Zahra, F. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 2 Sigli. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v13i1.15250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.