Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kuripan

Rangga Saputra, Lu`luin Najwa, M. Ary Irawan

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe the management of facilities and infrastructure in improving the learning process at SMA Negeri 1 Kuripan. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the results that the author has found at the research location, the management activities of facilities and infrastructure in improving the learning process at SMA Negeri 1 Kuripan consist of 4 focuses, namely: 1) The planning stage which includes analysis of needs, financing, and priorities, 2) The implementation stage is one of the important factors in supporting the smoothness and effectiveness of the teaching and learning process. This can be seen from the suitability of the types of learning media, practice tools, and learning resources with the subject matter and learning objectives, as well as their positive impact on the learning process, 3) Maintenance stage, including two types, namely routine and periodic maintenance 4) Supervision stage, carried out by all stakeholders and without a special supervision team, and carried out periodically. So the conclusion of the study of educational facilities and infrastructure management in supporting the student learning process at SMA Negeri 1 Kuripan is that carrying out the planning, implementation, maintenance, and supervision processes, thus can have a positive impact on the learning process and improving the quality of learning, student learning interest, and achievement of learning achievements.

Keywords: Management of Facilities and Infrastructure, Learning Process.

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kuripan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang telah penulis temukan di lokasi penelitian, kegiatan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kuripan terdiri dari 4 fokus, yakni: 1) Tahap perencanaan yang meliputi analisis kebutuhan, pembiayaan, dan prioritas, 2) Tahap pelaksanaan merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung kelancaran dan efektivitas proses belajar mengajar. Hal ini terlihat dari kesesuaian jenis media pembelajaran, alat praktik, dan sumber belajar dengan materi pelajaran dan tujuan pembelajaran, serta dampak positifnya terhadap proses pembelajaran, 3) Tahap pemeliharaan, meliputi dua jenis yaitu pemeliharaan rutin dan berkala 4) Tahap pengawasan, dilaksanakan oleh semua stakeholder dan tanpa adanya tim khusus pengawasan, dan dilaksanakan secara berkala. Maka kesimpulan dari penelitian manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung proses belajar siswa di SMA Negeri 1 Kuripan yaitu dengan melakukan proses perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan, dan pengawasan, dengan demikian hal ini dapat memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran seperti peningkatan kualitas pembelajaran, minat belajar siswa, dan pencapaian prestasi belajar.

Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Proses Pembelajaran

 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. (2019). Manajemen Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Nasution, S. (2018). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2020). Manajemen Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prabowo, H. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Perspektif Efektivitas Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Prawira, M. (2016). Peranan Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 15-23.

Suherman, I. (2017). Pendidikan yang Berbasis pada Kebutuhan Infrastruktur di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Trianto, S. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Restika Manurung dkk, Jurnal manajemen Pendidikan, Volume 2 number 2 168-177 Oktober 2020.

Susilo, B. 2010. Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyastuti, T. 2016. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-10.

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. 2012. Pedoman Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.13912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.