Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sumbawa

Hadi Gunawan Sakti, Khaaerul Inshan Saphutra

Abstract


One of the learning model that can help students in the learning process is Animaker-based Presentation Learning Media. Animaker-based Presentation Learning Media. It is expected that the learning media can improve student learning outcomes. The formulation of problem in this study is whether there is an effect of using animaker-based presentation learning media on student learning outcomes. Animaker-Based Presentation Learning Media on Student Learning Outcomes On Science Learning in Class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sumbawa Academic Year 2024/2025. In this study using the population study method one group pretest-posttest design. The results of this study showed that there was an increase in learning outcomes in the learning process, this fact shows that the tcount value is greater than the t-table (11.173>1.725). t-table (11.173>1.725). Thus the alternative hypothesis (Ha). Which reads that there is an Effect of Using Animaker-Based Presentation Learning Media on Student Learning Outcomes. Animaker Based Presentation Learning Media on Student Learning Outcomes in Science Learning in Class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sumbawa Academic Year 2024/2025. This research can be concluded, there is an effect of the use of animaker-based presentation learning media on student learning outcomes. Animaker-Based Presentation on Student Learning Outcomes in Science Learning in Grade V of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sumbawa in the academic year 2024/2025. 2024/2025 academic year. By using teaching materials based on learning media can improve student learning outcomes as seen from the pretest-posttest of students who have increased students who have increased.

Keywords: Media, Learning, Animaker, Science Learning

Abstrak: Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran adalah Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Animaker. Diharapkan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sumbawa Tahun Ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi populasi one group pretest-posttest design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dalam proses pembelajaran, kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (11,173>1,725). Demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sumbawa Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dapat disimpulkan, adanya Pengaruh Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sumbawa Tahun Ajaran 2024/2025. Dengan menggunakan bahan ajar berbasis media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dilihat dari pretest-posttest siswa yang mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Animaker, Pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Fahrum,Erin dkk. 2022. Indonesia & Mitos Negeri Macan Asia. Semarang: Alinea Media Dipantara.

Haro, Andrian dkk. 2024. Buku Ajar Komunikasi Digital. Jambi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Irayanti, Irma dkk. 2021. Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalui Inovasi Dunia Pendidikan. Cirebon : Insania.

Julia, J dkk. 2021. Pengembangan Media pembelajaran Musik Berbasis Digital Untuk Sekolah Dasar. Sumedang : CV. Caraka Khatulistiwa.

Kustandi, Cecep & Darmawan, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Mastur dkk 2024 dalam AECT 2008. Pengembangan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membuat Poster Promosi Mata Pelajaran Dasar Design Grafis Kelas X Multimedia Di Smk Maestro Islamic School Banjarmasin. Journal of Instructional Technology, J-INSTECH Vol 5 No 2 Juni 2024 (184-193)

Pranoto, Edi.2023. Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Praya: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Saparuddin. 2022. Inovasi Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Shoffa, shoffan dkk. 2021. Pembangunan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bojonegoro: CV. Agrapana Media.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran dan penilaian Hasil Belajar . Yogyakarta: Deepublish.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sutrisno, Ahmad Budi, Upu, Hamzah, Rusli. 2024. Matematika Realistik Dengan Augmented Reality. Gowa. CV. Ruang Tentor




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.13807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.