EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA GAME DOBE FLASH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA AUTISME

Dewi Rayani, Wiwiek Zainar Sri Utami

Abstract


Autisme merupakan gangguan perkembangan yang ditandai dengan kegagalan
dalam interaksi , komunikasi dan perilaku. Anak dengan gangguan ini dikatakan hidup dalam
dunianya sendiri. Salah satu penanganan autisme dengan pemberian terapi. Adapun materi
yang ada dalam teripi ini dikemas dalam bentuk game adobe flash. Adapun tujuan penlitian
ini adalah untuk mengetahui efektifitas game adobe flash untuk melihat kemampuan interaksi
pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan one group ,
pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 3orang siswa autisme di SLB
Pembina Provinsi NTB. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dengan uji
statistic Wilcoxon march pairs tes. Adapun hasil yang didapatkan adalah signifikan hal ini
ditunjukkan berdasarkah adanya perbedaan nilai pretes dan posttest dengan taraf signifikansi
5%. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan game adobe
flash sangat efektif untuk melatih kemampuan interaksi siswa autime

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimin, 2010. Prosedur

Peneltian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta. PT Rineka Cipta. Jakarta

Bambang, S. Arifin.,2015. Psikologi Sosial.

Bandung. Pustaka Setia

Handojo, y., 2009 Autisme pada Anak,

Menyiapkan anak Autis untk mandiri

dan masuk Sekolah Reguler dengan

Metode ABA basic. Jakarta Buana Ilmu

Populer.

M.Ali dan Mohammad Asrori, 2004.

Psikologi Remaja Perkembangan

Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara

Sugiono., 2013 , Metode penelitian kualitatif

,Kuantitatif an R &D . Bandung.

Alfabeta

Slamet, Santoso. 2010 Teori-Teori Psikologi

Sosial. Bandung Refika Aditama

Triantoro, Safaria., 2005. Autisme

Pemahaman Baru untuk Hidup

Bermakna bagi Orang Tua .

Yogyakarta. Garaha ilmu

Wiwik, z. 2015., Pengembangan Modifikasi

Game dobe flash jurnal. IKIP

Mataram

Yuwono, Joko., 2009. Memahami Autistik.

Bandung Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i2.1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.