Peran Osis Dalam Kegiatan Muhadhoroh di Ma Nurul Hilal Senuro-Ogan Ilir

Saipul Annur, Aisyah Oktarina, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Abstract: This research discusses the role of student council in Muhadhoroh activities at MA Nurul Hilal Senuro. The purpose of this research is to analyse how the role of student council in running muhadhoroh activities at MA Nurul Hilal Senuro. This research uses qualitative research methods with descriptive types, and the main informants in this study are student council and student council supervisor. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. Test the validity of research data by triangulating sources, triangulating tactics and triangulating time. After the research was conducted, it was found that the role of the student council in carrying out muhadhoroh activities at MA Nurul Hilal Senuro was by becoming a forum for student activities, a mobiliser or motivator, a preventive role. With this task, it teaches the student council about responsibility for activities in this school, especially those held by the student council itself, such as this muhadhoroh activity. Being a forum for student activities is by means of the student council being responsible for student activities, one of which is muhadhoroh activities, being a motivator or motivator, which is carried out by the student council by giving advice or direction to students and also sometimes the direction and advice is given by the teacher or student council coach directly, then it becomes a preventive role, one of which is by taking attendance every attendance in order to prevent students who are not intentionally absent.

Keywords: Role, Student Council, Muhadhoroh

Abstrak: Penelitian ini membahas mengenai Peran Osis Dalam Kegiatan Muhadhoroh di MA Nurul Hilal Senuro. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa bagaimana peran OSIS dalam menjalankan kegiatan muhadhoroh di MA Nurul Hilal Senuro. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, dan informan utama dalam penelitian ini adalah OSIS dan pembina OSIS. Tektik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data penelitian dengan triangulasi sumber, triangulasi taktik dan triangulasi waktu. Setelah dilakukan penelitian dihasilkan bahwa bagaimana peran OSIS dalam menjalankan kegiatan muhadhoroh di MA Nurul Hilal Senuro yaitu dengan cara menjadi wadah bagi kegiatan siswa, penggerak atau motivator, peranan yang bersifat preventif. Dengan adanya tugas tersebut mengajarkan OSIS tentang tanggung jawab atas kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah ini tertutama yang dipegang oleh OSIS sendiri seperti kegiatan muhadhoroh ini menjadi wadah bagi kegiatan siswa adalah dengan cara OSIS menjadi penanggungjawab pada kegiatan-kegiatan siswa salahsatunya kegiatan muhadhoroh, menjadi penggerak atau motivator yakni dilakukan OSIS dengan cara memberikan nasehat atau arahan kepada siswa dan juga terkadang arahan dan nasehat tersebut diberikan oleh guru atau pembina OSIS langsung, selanjutnya menjadi peranan yang bersifat preventif yakni salah satunya dengan cara mengabsen setiap kehadiran agar dapat mencegah siswa yang tidak sengaja untuk tidak hadir.

Kata kunci: Peran, OSIS, Muhadhoroh


Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2019). Pemberdayaan Keterampilan Retorika Dakwah Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Pandean Wonorejo Banyuputih Situbondo. As-Sidanah, 1(2), 141–170.

Aldiansyah. (2021). PUBLIC SPEAKING SANTRI PONDOK PESANTREN AWWALIYAH AL-ASIYAH CIBINONG Aldiyansah Universitas Ibn Khaldun Bogor Abstrak Peran Muhadhoroh dalam meningkatkan kemampuan SOSTECH , 2021 public speaking santri pondok pesantren Awwaliyah Al- Asiyah Cibinong Abstra. SOSTECH, 1, 123–129.

Alfansyur, A., Hawi, A., Annur, S., Win, A., & Maryamah. (2021). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas X MAN 3 Kota Palembang Andarusni. Jurnal Dieksis, 1(1), 1–6.

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Anggraeni, P. R. (2016). Motivasi Santri dalam Mengikuti Kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Modern Bina Insani Susukan. IAIN Salatiga.

Asiyah, U. (2016). Dakwah Simpatik. PT Gramedia Pustaka Utama.

Firmansyah, A., Annur, S., & Hartatiana, H. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dan Pembiasaan Keagamaan. Studia Manageria, 4(1), 17–36. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v4i1.9256

Ghazali, B. (2016). Da’wah Simpatik. Kencana.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter. Alfabeta.

Hidayat Rizandi, Muhammad Arrazi, Asmendri, & Milya Sari. (2023). Pentingnya Manajeman Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 47–59. https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.745

Japar, M. (2018). Pembentukan Karakter Kemandirian Melalui Kegiatan OSIS Di Sekolah Menengah Atas. Jurmal Pendidikan Dan IImu Sosial, 28(1), 9.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Belajar.

Muhaemin. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Adab.

Muinah, A. (2018). Peran Kegiatan Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri Pondok Pesantren Modern Bina Insani Putri Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuatitatif Dan R&D). IKAPI.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Susanti, N. P. W., Sukri, A., & Meitriana, M. A. (2018). Studi Komparatif Tentang Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Aktif Dan Tidak Aktif Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di SMA Negri 1 Negara Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksi.

Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Memebentuk Karakter Siswa Di Smk Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61

Utami, P. P., & Purwanto, T. (2022). Peran organisasi intra sekolah (OSIS) dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November, 247.

Yusmuliadi, & Agustang, A. (2021). Peranan OSIS dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa di SMA Negeri 3 Barru. Journal Of Sociology Education, 1(3), 44–53.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.