Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pembelajaran di SMAN 1 Lingsar
Abstract
Abstract: This study aims to examine the management of facilities and infrastructure and supporting factors for the quality of learning services. Optimal management of facilities and infrastructure will affect the quality of learning services and the availability of adequate facilities so that student satisfaction increases. The method used in this study is a qualitative method, with a type of qualitative descriptive research with a case study approach. Data collection techniques are carried out using interviews, documentation, and observation methods. Data analysis techniques through data collection, data presentation, data condensation, and conclusions. Data sources are obtained through the principal, head of administration, vice principal of infrastructure, teachers, and students. The results of this study indicate that: (1) management of facilities and infrastructure at SMAN 1 Lingsar is carried out through planning, organizing, implementing, and controlling, and the laboratory at SMAN 1 Lingsar has complete practical tools so that students can learn effectively (2) the quality of learning services at SMAN 1 Lingsar is quite effective in terms of the completeness of facilities and infrastructure in supporting learning (3) the role of facilities and infrastructure management in improving the quality of learning services at SMAN 1 Lingsar plays an important role in various management of learning facilities and infrastructure.
Key Words: Management of Facilities and Infrastructure, Learning Quality
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengelolaan sarana dan prasarana serta faktor-faktor pendukung kualitas layanan pembelajaran. Pengelolaan sarana dan prasarana yang optimal akan mempengaruhi kualitas layanan pembelajaran dan ketersediaan fasilitas yang memadai sehingga kepuasan mahasiswa meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan kesimpulan. Sumber data diperoleh melalui kepala sekolah, kepala administrasi, waka sarpras, guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan sarana dan prasarana di SMAN 1 Lingsar dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta laboratorium di SMAN 1 Lingsar yang memiliki kelengkapan alat praktikum sehingga siswa dapat belajar secara efektif (2) kualitas layanan pembelajaran di SMAN 1 Lingsar cukup efektif dalam hal kelengkapan sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran (3) peran fasilitas dan pengelolaan infrastruktur dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di SMAN 1 Lingsar berperan penting dalam berbagai pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran.
Kata Kunci: Manajemen sarana dan prasarana, Kualitas pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Adi putra, C. 2016. layanan khusus peserta didik kesiswaan: jurnal of islamic education mnagement, http://repository.radenintan.ac.id/15475/1/bab%201%2C2%20dapus.pdf
Asep Hermawan, C. 2005 Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif: Jakarta: PT Grasindo.
Bafadal, I. 2008. Manajemen PerlengkapanSekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Barnawi dan arifin,(2012) Manajemen Sarana dan prasarana Pendidikan.
Departemen pendidikan dan kebudayaan (1995), Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.
Rosyada Dede, “Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu PendidikanI”, (Jakarta: Kencana,2020),
Farida Nugrahani, “Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa”, (Surakarta: Cakra Books, 2014)
Malayu S.P. and Hasibuan, 2007, Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah: Jakarta: Bumi Aksara.
Mustari, 2015 “ pemanfaatan sarana dan prasarana, Jakarta :gramedia books.
Sugiyono. 2018:213: Metode Penelitian Kualitatif : https://sg.dockworkspace.com/d/sICm1xPnBAZC7XK8G
Henry L. Sisk, 1999 Principles of Management: a System Approach to the Management Process, England: South-Western Publishing Company.
Heru Kurniawan, 2010 “Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian: Yogyakarta.
Jogiyanto Hartono, 2018 “Metode Pengumpulan dan Teknik Analisis Data”, (Yogyakarta:Andi (Anggota IKAPI).
Mardawani. 2020 “Praktis Penelitian Kaulitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam perspektif kualitatif: Yogyakarta: penerbit deepublish.
Mattin dan nurhattati fuad, 2016 ”manajemen sarana dan prasarana pendidikan.”
Mulyono. 2019 Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan,,
Nustiono: 2012 Pengertian Sarana dan Prasarana Pendidikan, dalam http://galery.pendidikan.blogspot.com/06/pengertian-dan-jenis-jenis- sarana.html.
Qomar, Mujamil, 2018: Manajemen Pendidikan Islami Malang. Erlangga,
Rianto Adi, A. 2021. “Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum: Jakarta Yayasana Pustaka Obor Indonesia
Echdar Saban, E 2020“Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis: Panduan Komprehensif Langkah Demi Langkah Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi: 284
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, 2009:216: Jenis-Jenis Layanan Lembaga Pendidikan: https://citraratnap.wordpress.com/2010/04/29/d-jenis-jenis-layanan-khusus-di-lembaga-pendidikan/
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.