Manajemen Layanan Khusus dalam Membentuk Karakter Hidup Sehat Siswa Melalui Pendekatan Program Usaha Kesehatan Sekolah

Mila Suharmita, Haromain Haromain, Rudi Hariawan

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe the planning, implementation, and evaluation of the School Health Effort (UKS) program in shaping students' healthy living character in schools. The method used in this research is a qualitative approach with a case study design. Data collection used interview techniques, observation, and documentation. Data analysis uses single case data with an interactive model with stages starting from data collection, data condensation, data presentation, and conclusion drawing. Based on the results of the study, it can be described that special service management in shaping students' healthy living character through the UKS program approach, is carried out according to the management process, namely planning, implementation, and evaluation of the school UKS program, thus it can be concluded that (1) Planning is carried out by holding discussions or meetings in the context of program preparation, discussion of mechanisms, and budgets together with all school residents who are members of the UKS committee, after which the UKS program will be approved by the Principal and the program can be implemented in accordance with the implementation instructions and technical instructions with the approval of the principal, (2) The implementation of the UKS program in shaping students' healthy living character and familiarizing students in fostering a healthy environment is carried out through several programs, among others, namely; acculturation of drinking mineral water, healthy gymnastics, provision of blood enhancement tablets, healthy canteens, environmental coaching, health counselling, extracurricular UKS, provision of UKS Infrastructure and medicines, and (3) Evaluation of a UKS program is carried out by conducting supervision or supervision by the UKS supervising teacher and the Head of the and the Principal.

 

Key Words: Special Service Management, UKS

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam membentuk karakter hidup sehat siswa di Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data kasus tunggal dengan model interaktif dengan tahapan mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa manajemen layanan khusus dalam membentuk karakter hidup sehat siswa melalui pendekatan program UKS, dilaksanakan sesuai proses manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program UKS sekolah, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Perencanaan dilakukan dengan mengadakan diskusi atau rapat dalam rangka penyusunan program, pembahasan mekanisme, dan anggaran bersama dengan seluruh warga sekolah yang tergabung dalam kepanitiaan UKS, setelah itu program UKS akan disahkan oleh Kepala Sekolah dan program tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis atas persetujuan kepala sekolah, (2) Pelaksanaan program UKS dalam membentuk karakter hidup sehat siswa dan membiasakan siswa dalam membina lingkungan sehat dilaksanakan melalui beberapa program antara lain, yaitu; pembudayaan minum air mineral, senam sehat, pemberian tablet penambah darah, kantin sehat, pembinaan lingkungan, penyuluhan kesehatan, ekstrakurikuler UKS, penyediaan Sarana Prasarana UKS dan obat-obatan, dan (3) Evaluasi suatu program UKS dilakukan dengan melakukan pengawasan atau supervisi oleh guru pembina UKS dan Kepala Sekolah.

Kata Kunci: Manajemen Layanan Khusus, UKS


Full Text:

PDF

References


Abe, A. (2005). Perencanaan Daerah Partisipatif. Yogyakarta: Pembaharuan.

Arini, M., Suryanto, F., & Puspita, G. (2023). Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Kesehatan Sekolah Untuk Meningkatkan Pemantauan dan Pengelolaan Kesehatan Anak: (Studi Kualitatif Pada Sekolah-Sekolah Muhammadiyah). Majalah Kesehatan, 10(2), 78-88. https://majalahfk.ub.ac.id/index.php/mkfkub/article/view/609/333

Asmadi dkk. (2011). Teknologi Pengelolaan Air Minum. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Candrawati, E., & Widiani, E. (2015). Pelaksanaan program uks dengan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) siswa sekolah dasar di kecamatan kedung kandang kota malang. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 15-23.

https://doi.org/10.33366/jc.v3i1.299

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Direktorat Promosi Kesehatan. (2016). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kementerian Kesehatan.

Hariawan, R., Ulfatin, N., AY, M. H., & Arifin, I. (2019). Contributions Management of Parenting and Education Program to Strengthen the Service Three Early Childhood Education Center. International Education Studies, 12(2), 100-108.

https://doi.org/10.5539/ies.v12n2p100

Hariawan, R., & Hakim, L. (2018). Manajemen Program Unggulan di Pondok Pesantren.

https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/visionary/article/viewFile/694/653

Haromain, I., & Suprihhadi, H. (2016). Pengaruh kualitas layanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di AHASS Z618.

http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/701/711

Hendra, R., & Turrahmi, M. (2022). Education Special Services Management Manajemen Layanan Khusus Pendidikan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 01-14. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/view/75

Imron, A. (2016). Penguatan manajemen peserta didik yang berfokus pada pembentukan karakter hidup sehat agar survive di era global. Malang: Univeritas Negeri Malang. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/36-Ali-Imron.pdf

Manurung, A., & Marini, A. (2023). Implementasi Pengelolaan Pendidikan Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa . Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 562–574. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5223.

Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi & Supervisi Bimbingan Konseling.Yokyakarta: DIVA Press

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitatuve Data Analysis (3rd ed.). California: SAGE Publication, Inc

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan plikasi disertai contoh proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Nurhayu, M. A., Shaluhiyah, Z., & Indraswari, R. (2018). Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah pada tingkat sekolah dasar di wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(1), 770-779.

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/20315

Putra, A. (2016). Layanan Khusus Peserta Didik (Kesiswaan). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 1-15.

https://openrecruitment.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/910.

Rachman, S., & Nug, R. (2023). Manfaat UKS Atau Unit Kesehatan Sekolah. Diakses pada 20 Januari 2024, https://www.konteks.co.id/lainnya/139453/manfaat-uks-atau-unit-kesehatan-sekolah/

Rafsanjani, A., Sembiring, A., Yunita, E., & Zuchairunnisa, Z. (2023). Pentingnya Layanan Khusus di Sekolah dalam Menunjang Pembelajaran Peserta Didik. Journal on Education, 5(3), 6920-6927. Retrieved from

https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1475

Rahmawati, E. I., & Soetopo, H. (2015). Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(6), 571-577.

https://www.academia.edu/download/54595907/uks.pdf.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Ranti, Lies, A,. & Santoso, S. (2004). Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018). Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersand di Jakarta). LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(1), 1-12.

http://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/117.

Turban, Efrain & Volonino, L. (2010). Information Tekhnology for Management Edisi ketujuh. Asia: John Willey & Sons.

Zulkarnaen, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.12261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.