Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMAN 1 Lingsar
Abstract
Abstract: Leadership is very necessary so that the goals of the institution can be achieved. Institutions or organizations such as schools can stand in the right direction if there is a leader. Leadership in the field of education has at least two keys, namely leadership as a science and the art of leading individuals or groups. Second, leadership can influence and move others to achieve common goals. The objectives of this study were to determine: 1) The leadership style used at SMAN 1 Lingsar; 2) The role of the principal in improving the performance of SMAN 1 Lingsar teachers; 3) The principal's decision-making at SMAN 1 Lingsar. This research is qualitative research with a case study approach. The data sources in this study are the principal and teachers. The data collection methods used in this study were observation, interviews, and documentation. Data were analyzed qualitatively with an interactive model. The results of this study include: (1) The type of leadership style used by the principal at SMAN 1 Lingsar is currently a democratic leadership style. The principal can influence others to be willing to work together to achieve goals in various ways. Every activity that can be done is determined jointly between the teacher and the principal. Every time a general meeting is held, each teacher is allowed to express opinions, ideas, or objections. (2) The leadership roles of the principal include: a) As an administrator; b) As a motivator; c) As an educator; and d) As a leader. (3) The principal's decision-making method always applies several things, namely carrying out effective communication between the principal and teachers, for example by holding meetings, analyzing and identifying problems faced by teachers or schools, and providing alternatives in solving a problem by considering the advantages, disadvantages, morals, ethics, and law.
KeyWords: Principal Leadership
Abstrak: Kepemimpinan sangat diperlukan agar tujuan lembaga dapat tercapai. Lembaga atau organisasi seperti sekolah dapat berpijak pada arah yang tepat jika adanya seorang pemimpin. Kepemimpinan dalam bidang pendidikan setidaknya memiliki dua kunci, yaitu pertama kepemimpinan sebagai sebuah ilmu dan seni dalam memimpin individu atau kelompok. Kedua, kepemimpinan mampu untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain demi mencapai tujuan bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Gaya kepemimpinan yang digunakan di SMAN 1 Lingsar 2. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SMAN 1 Lingsar 3. Pengambilan keputusan kepala sekolah di SMAN 1 Lingsar Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis secara kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Jenis gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah di SMAN 1 Lingsar saat ini yakni gaya kepemimpinan demokrasi. Kepala sekolah mampu untuk mempengaruh orang lain agar dapat bersedia untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan dengan berbagai cara. Setiap kegiatan yang dapat dilakukan ditentukan bersama antara guru dan kepala sekolah. Setiap diadakan rapat umum, setiap guru diberikan kesmpatan untuk menyampaikan pendapat,ide maupun sanggahan. (2) Peran kepemimpinan kepala sekolah antara lain a. Sebagai administrator b. Sebagai Motivator c. Sebagai Educator d. Sebagai leader . (3) Cara pengambilan keputusan kepala sekolah selalu menerapkan beberapa hal yaitu melakukan komunikasi yang efektif antara kepala sekolah dengan guru misalnya dengan mengadakan rapat, menganalisis dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh guru atau sekolah, dan memberikan alternatif dalam melakukan pemecahan suatu masalah tersebut dengan mempertimbangkan kelebihan, kekurangan, moral, etika dan hukum.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Analisis. 2016. Dalam KBBI Daring, diakses pada 24 November 2021, dari https://kbbi.web.id/analisis.
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3),
Bandung: Alfabeta.
Bastian, I., Winardi, R., & Fatmawati, D. (2018). Metoda Wawancara.
Budi Santoso, “Kunci Keberhasilan Proses Pengambilan Keputusan”, Manajerial, Vol. 8, No. 16, 2010, 29
Dian Rostikawati. (2022). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Surabaya : Cipta Media Nusantara(CMN).
Fahmi Agus. (2019). The situational Leadership Style In Education. Jurnal Visionary, 7(2)
Hardiansyah. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kharismatik Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Sma Islam Al-Ashar Nw Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Visionary,6(1)
Ibnu Syamsi. (2000). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 5.
Kartono, K. (2018). Pimpinan dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press
Kependidikan, D. T., Mutu, D. J. P., Kependidikan, P. D. T., & Nasional, D. P. (2008).Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Komaruddin .(2001). Ensilopedia Manajemen, Edisi ke 5, Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa, E .(2004). Menjadi Kepala Sekolah Professional, Bandung: Remaja rosda karya.
Mulyasa, E .(2007).Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E .(2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Ed. I, Cet. V, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pasolong, H. (2013). Kepemimpinan birokrasi. Bandung: Alfabeta.
Reason, James, “Human Error”, Ashgate, ISBN 1-84014-104-2.
Rochaety, Eti, dkk. 2005. Sistem Informasi ManajemenPendidikan. Bumi aksara. Jakarta.
Rukmana, A. (2008). Kualitas kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan,7(1).
Segala, Saiful. 2013. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Segala, Saiful. 2013. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.
Siagian. Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi I. Cetakan Ketiga Belas. Bumi aksara. Bumi Aksara. Jakarta
Silalahi, Ulbert. 2008. Studi Tentang Ilmu Administrasi.Sinar Baru Algesindo. Bandung.
Sugiyono. (2018). Analisis Deskriptif—Teknik Analisis Data.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung:ALFABETA.
Sumarni, A. Suganda. (2023). Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah: Melalui Pendekatan Swot Dan Balance Scorecard Di Sekolah Menengah Kejuruan. Indramayu: Adanu Abimata
Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Suryana, Y., 2015. Metode penelitian. Bandung, CV Pustaka Setia.
Veithzal Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan,
Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta; Rajawali Press.
Yuni Septiani, dkk .(2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual. Jurnal Teknologi dan Open Source. VOL. 3No. 1(Juni2020). 133
Yunus, A. L. (2009). Leadership model: Konsep dasar, dimensi kinerja, dan gaya kepemimpinan. Malang: UIN-Maliki Press.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.