EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN ALTERNATIF PENDEKATAN PENELITIAN EFEKTIVITAS
Abstract
tujuan untuk memperoleh perubahan, baik dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupun
afektif. Belajar sebagai suatu proses yang dilakukan dengan sengaja adalah proses yang
dilakukan secara sistematis, dengan tujuan tertentu yang hendak dicapai. Ketercapaian tujuan
belajar menjadi salah satu indikator keberhasil proses belajar yang dilakukan. Belajar dalam
konteks ini dilakukan di lembaga-lembaga pendidikan formal, dari tingkat SD hingga
perguruan tinggi. Dan isu mengenai ketercapaian tujuan belajar di lembaga-lembaga
pendidikan tersebut akan selalu menjadi tema yang menarik untuk dipelajari. Sekolah tidak
hanya berisikan siswa yang menjadi konsumen utama proses belajar, tapi juga terdapat
komponen-komponen lain yang saling terhubung dan membentuk sebuah sistem. Bertanya
tentang ketercapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan juga berarti mempelajari tentang
bagaimana komponen selain siswa dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tulisan
singkat ini mencoba memberikan sebuah elaborasi mengenai konsep efektivitas lembaga
pendidikan dan pendekatan alternatif yang dapat digunakan untuk mempelajari efektivitas
tersebut. Efektivitas akan dipotret dari seluruh komponen yang ada di sebuah sekolah, dan
pendekatan penelitian efektivitas yang ditawarkan mengkombinasikan antara berbagai konsep
penelitian efektivitas yang tersedia.
Kata kunci: Efektivitas Pendidikan, Penelitian Efektivitas.
Full Text:
PDFReferences
Bollen, R. (1996). School effectiveness and
school improvement: the intelectual
and policy context. Dalam David R. &
Nijs L., et al., (Eds.), Making good
schools: linking school effectiveness
and school improvement (pp. 1-20).
London: Routledge.
Creemers, B. (1996). The goals of school
effectiveness and school improvement.
Dalam David R. & Nijs L., et al.,
(Eds.), Making good schools: linking
school effectiveness and school
improvement (pp. 21-35). London:
Routledge.
---------------. (1996). The school
effectiveness knowledge base. Dalam
David R. & Nijs L., et al., (Eds.),
Making good schools: linking school
effectiveness and school improvement
(pp. 36-58). London: Routledge.
Davis, A. G. & Thomas, A. M. (1989).
Effective schools and effective
teachers. Massachusetts: Allyn &
Bacon.
Goodlad, J. I. (1969). Thought, invention,
and research in the advancement of
education. Dalam Marvin Bower &
Sterling M. McMurrin (Eds.), The
schools and the challange of
innovation (pp. 91-107). New York:
Committee for Economic
Development.
Hornby, A. S. (1995). Oxford advanced
learner’s dictionary of current English.
th ed. London: Oxford University
Press.
Koster, W. (2000). Pengaruh input sekolah
terhadap outcome sekolah; survai di
SLTP Negeri DKI Jakarta. Dalam
Jurnal pendidikan dan kebudayaan No.
, halaman 358-368.
Mortimore, P. (1991). The Nature and
findings of research on school
effectiveness in primary sector. Dalam
Sheila Riddell & Sally Brown (Eds.),
School effectiveness research: its
messages for school improvement (pp.
-19). Scotlandia: Education
Departement.
Preedy, M. (1993). Managing the effective
school. Liverpool: The Open
University & Paul Chapman.
Reynolds, D., & Stoll, L. (1996). Merging
school effectiveness and school
improvement. Dalam David R. & Nijs
L., et al., (Eds.), Making good schools:
linking school effectiveness and school
improvement (pp. 94-112). London:
Routledge.
Reynolds, D. (1991). School Effectiveness
in Secondary Schools: Research and Its
Policy Implications. Dalam Sheila
Riddell & Sally Brown (Eds.), School
effectiveness research: its messages for
school improvement (pp. 21-33).
Scotlandia: Education Departement
The Scottish Office.
Riddell, S., & Brown, S. (1991). School
effectiveness: establishing the link with
research. Dalam Sheila Riddel & Sally
Brown (Eds.), School effectiveness
research: its messages for school
improvement (pp. 1-7). Scotlandia:
Education Departement The Scottish
Office.
Squires, D. A., Huitt, W. G. & Segars, J. K.
(1983). Effective schools and
classrooms: a research-based
perspective. Virginia: Association for
Supervision and Curriculum
Development (ASCD).
Sumarno. (Agustus 2000). Sifat, syarat, dan
manajemen perubahan menuju
madrasah unggulan. Makalah disajikan
dalam lokakarya intern tanggal 19
Agustus 2000, di Madrasah Aliyah
Negeri 3 Yogyakarta.
Townsend, T.. (1994). Effective schooling
for the community: core-plus
education. London: Routledge.
Tyler, R. W. (1969). The problems and
possibilities of educational
evaluation. Dalam Marvin Bower
& Sterling M. McMurrin (Eds.),
The schools and the challange of
innovation (pp. 76-90). New York:
Committee for Economic
Developmen
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.