EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN ALTERNATIF PENDEKATAN PENELITIAN EFEKTIVITAS

Muhammad Iqbal

Abstract


Belajar adalah suatu proses yang dilakukan baik secara sengaja atau tidak, dengan
tujuan untuk memperoleh perubahan, baik dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupun
afektif. Belajar sebagai suatu proses yang dilakukan dengan sengaja adalah proses yang
dilakukan secara sistematis, dengan tujuan tertentu yang hendak dicapai. Ketercapaian tujuan
belajar menjadi salah satu indikator keberhasil proses belajar yang dilakukan. Belajar dalam
konteks ini dilakukan di lembaga-lembaga pendidikan formal, dari tingkat SD hingga
perguruan tinggi. Dan isu mengenai ketercapaian tujuan belajar di lembaga-lembaga
pendidikan tersebut akan selalu menjadi tema yang menarik untuk dipelajari. Sekolah tidak
hanya berisikan siswa yang menjadi konsumen utama proses belajar, tapi juga terdapat
komponen-komponen lain yang saling terhubung dan membentuk sebuah sistem. Bertanya
tentang ketercapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan juga berarti mempelajari tentang
bagaimana komponen selain siswa dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tulisan
singkat ini mencoba memberikan sebuah elaborasi mengenai konsep efektivitas lembaga
pendidikan dan pendekatan alternatif yang dapat digunakan untuk mempelajari efektivitas
tersebut. Efektivitas akan dipotret dari seluruh komponen yang ada di sebuah sekolah, dan
pendekatan penelitian efektivitas yang ditawarkan mengkombinasikan antara berbagai konsep
penelitian efektivitas yang tersedia.
Kata kunci: Efektivitas Pendidikan, Penelitian Efektivitas.

Full Text:

PDF

References


Bollen, R. (1996). School effectiveness and

school improvement: the intelectual

and policy context. Dalam David R. &

Nijs L., et al., (Eds.), Making good

schools: linking school effectiveness

and school improvement (pp. 1-20).

London: Routledge.

Creemers, B. (1996). The goals of school

effectiveness and school improvement.

Dalam David R. & Nijs L., et al.,

(Eds.), Making good schools: linking

school effectiveness and school

improvement (pp. 21-35). London:

Routledge.

---------------. (1996). The school

effectiveness knowledge base. Dalam

David R. & Nijs L., et al., (Eds.),

Making good schools: linking school

effectiveness and school improvement

(pp. 36-58). London: Routledge.

Davis, A. G. & Thomas, A. M. (1989).

Effective schools and effective

teachers. Massachusetts: Allyn &

Bacon.

Goodlad, J. I. (1969). Thought, invention,

and research in the advancement of

education. Dalam Marvin Bower &

Sterling M. McMurrin (Eds.), The

schools and the challange of

innovation (pp. 91-107). New York:

Committee for Economic

Development.

Hornby, A. S. (1995). Oxford advanced

learner’s dictionary of current English.

th ed. London: Oxford University

Press.

Koster, W. (2000). Pengaruh input sekolah

terhadap outcome sekolah; survai di

SLTP Negeri DKI Jakarta. Dalam

Jurnal pendidikan dan kebudayaan No.

, halaman 358-368.

Mortimore, P. (1991). The Nature and

findings of research on school

effectiveness in primary sector. Dalam

Sheila Riddell & Sally Brown (Eds.),

School effectiveness research: its

messages for school improvement (pp.

-19). Scotlandia: Education

Departement.

Preedy, M. (1993). Managing the effective

school. Liverpool: The Open

University & Paul Chapman.

Reynolds, D., & Stoll, L. (1996). Merging

school effectiveness and school

improvement. Dalam David R. & Nijs

L., et al., (Eds.), Making good schools:

linking school effectiveness and school

improvement (pp. 94-112). London:

Routledge.

Reynolds, D. (1991). School Effectiveness

in Secondary Schools: Research and Its

Policy Implications. Dalam Sheila

Riddell & Sally Brown (Eds.), School

effectiveness research: its messages for

school improvement (pp. 21-33).

Scotlandia: Education Departement

The Scottish Office.

Riddell, S., & Brown, S. (1991). School

effectiveness: establishing the link with

research. Dalam Sheila Riddel & Sally

Brown (Eds.), School effectiveness

research: its messages for school

improvement (pp. 1-7). Scotlandia:

Education Departement The Scottish

Office.

Squires, D. A., Huitt, W. G. & Segars, J. K.

(1983). Effective schools and

classrooms: a research-based

perspective. Virginia: Association for

Supervision and Curriculum

Development (ASCD).

Sumarno. (Agustus 2000). Sifat, syarat, dan

manajemen perubahan menuju

madrasah unggulan. Makalah disajikan

dalam lokakarya intern tanggal 19

Agustus 2000, di Madrasah Aliyah

Negeri 3 Yogyakarta.

Townsend, T.. (1994). Effective schooling

for the community: core-plus

education. London: Routledge.

Tyler, R. W. (1969). The problems and

possibilities of educational

evaluation. Dalam Marvin Bower

& Sterling M. McMurrin (Eds.),

The schools and the challange of

innovation (pp. 76-90). New York:

Committee for Economic

Developmen




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.