KARAKTERISTIK CARA GURU MENGAJAR DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Hardiansyah Hardiansyah, Restu Wibawa

Abstract


Dalam lembaga pendidikan, kepuasan merupakan indikator yang sangat penting
untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri
bahwa tinggi rendahnya kepuasan siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping
proses pengajaran itu sendiri, seperti keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan
berwujud diukur dengan karakteristik cara guru mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Karakteristik Cara Guru Mengajar Dengan Kepuasan Siswa Dalam Proses Belajar
Mengajar di SMA Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. Subyek penelitian ini adalah seluruh
siswa di SMA Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode angket sebagai metode pokok untuk memproleh data tentang karakteristik cara
guru mengajar dan kepuasan, sedangkan metode wawancara sebagai metode pelengkap.
Analisis data menggunakan rumus Koefisien kerelasi product moment. Hasil penelitian
diperoleh nilai rhitung sebesar 0,394 dan nilai rtabel sebesar 0,367 pada taraf signifikansi 5% dan
N=29, atau (0,394>0,367). Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Karakteristik cara guru mengajar dengan kepuasan siswa
dalam proses belajar mengajar masih tergolong rendah. Dengan demikian dalam kegiatan
belajar mengajar masih berlangsung normal dan tidak ada pengembangan diri secara intrinsik
maupun ektrinsik dari guru untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas.
Kata Kunci: Karakteristik Cara Guru Mengajar, Kepuasan Siswa

Full Text:

PDF

References


Agus Santoso. (2012). Hubungan Kepuasan

Siswa Ditinjau dari Unjuk Kerja Guru,

Fasilitas Belajar dan Keselamatan

Kerja Siswa di SMK Negeri 1 Selong

Lombok Timur Tahun Pelajaran

/2012. Mataram: IKIP Mataram.

Arikunto, S 2010. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Dan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

IKIP Mataram, 2011. Pedoman

Pembimbingan dan penulisan Karya

Ilmiah. Mataram.

Pupuh dan Sobri, 2009. Strategi Belajar

Mengajar. Bandung: PT Reka Jaya.?

Ridwan. 2008. Metode & Teknik Menyusun

Proposal Penelitian. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2007.(a) Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011.(b) Metodologi Penelitian

Administrasi. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.