HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Lu`luin Najwa, Baiq Enti Sismawati

Abstract


Dalam proses pembelajaran disekolah, guru merupakan tenaga pendidik profesional
yang memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam mendidik, melatih dan
mengembangkan kemampuan akademik maupun non akademik peserta didik.Beberapa
kendala terkait dengan kompetensi profesional guru, antara lain: 1) belum optimalnya proses
pembelajaran di kelas yang terlihat dari tingkat penguasaan materi atau bahan ajar, 2) kurang
terampilnya guru dalam menggunakan teknik mengajar.Tujuan penelitian yang ingin dicapai
adalah ingin mengetahui Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Kreativitas Belajar
Siswa di SMPN 4 Praya Timur Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk
mendapatkan data penelitian, penentuan subjek menggunakansimple random sampling karena
jumlah subjek lebih dari 100.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan
metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode
pelengkap.Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik
dengan rumus korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini
diperoleh nilai r hitung sebesar 0,421. Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai r
tabel product moment pada taraf signifikan 5% dengan N = 30, maka diperoleh r tabel product
moment sebesar 0,361. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari r
tabel product moment atau 0,421 > 0,361.Maka hasil analisis data dalam penelitian ini
dinyatakan Signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Ada hubungan
Kompetensi Profesional Guru Dengan KreativitasBelajar Siswa di SMPN 4 Praya Timur Kab.
Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 dan hubungan tersebut berada dalam kategori
Sedang.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kreativitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Aqib.http://www.areabaca.com/2013/07/kre

ativitas-belajar.html. Diakses tanggal

Mei 2017 pukul 11.03

Dimyati., Mudjiono. 2006. Belajar dan

Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman

Pembimbingan Dan Penulisan Karya

Ilmiah. IKIPMataram

Munandar,https://totoyulianto.wordpress.co

m/2013/03/09/pengertian-kreativitasbelajar-

menurut-para-ahli/Diakses

tanggal 19 Mei 2017 pukul 21.23

Margono. 2007(a). Metodologi penelitian

pendidhttps://gadogadozaman.blogspo

t.co.id/2016/03/kompetensiprofesionalguru.

htmlvDiakses.Jakarta: Rincian

Press

Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan

Keberbakatan: Strategi Mewujudkan

Potensi Kreatif dan Bakat. Gramedia

Pustaka Utama: Jakarta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Suharsaputra, Uhar. 2013. Administrasi

Pendidikan. PT Refika Aditama:

Bandung

Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar

Professional Guru. Jakarta:

Prestasi Pustaka Publisher




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.