HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
yang memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam mendidik, melatih dan
mengembangkan kemampuan akademik maupun non akademik peserta didik.Beberapa
kendala terkait dengan kompetensi profesional guru, antara lain: 1) belum optimalnya proses
pembelajaran di kelas yang terlihat dari tingkat penguasaan materi atau bahan ajar, 2) kurang
terampilnya guru dalam menggunakan teknik mengajar.Tujuan penelitian yang ingin dicapai
adalah ingin mengetahui Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Kreativitas Belajar
Siswa di SMPN 4 Praya Timur Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk
mendapatkan data penelitian, penentuan subjek menggunakansimple random sampling karena
jumlah subjek lebih dari 100.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan
metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode
pelengkap.Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik
dengan rumus korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini
diperoleh nilai r hitung sebesar 0,421. Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai r
tabel product moment pada taraf signifikan 5% dengan N = 30, maka diperoleh r tabel product
moment sebesar 0,361. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari r
tabel product moment atau 0,421 > 0,361.Maka hasil analisis data dalam penelitian ini
dinyatakan Signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Ada hubungan
Kompetensi Profesional Guru Dengan KreativitasBelajar Siswa di SMPN 4 Praya Timur Kab.
Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 dan hubungan tersebut berada dalam kategori
Sedang.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kreativitas Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Aqib.http://www.areabaca.com/2013/07/kre
ativitas-belajar.html. Diakses tanggal
Mei 2017 pukul 11.03
Dimyati., Mudjiono. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
IKIP Mataram. 2011. Pedoman
Pembimbingan Dan Penulisan Karya
Ilmiah. IKIPMataram
Munandar,https://totoyulianto.wordpress.co
m/2013/03/09/pengertian-kreativitasbelajar-
menurut-para-ahli/Diakses
tanggal 19 Mei 2017 pukul 21.23
Margono. 2007(a). Metodologi penelitian
pendidhttps://gadogadozaman.blogspo
t.co.id/2016/03/kompetensiprofesionalguru.
htmlvDiakses.Jakarta: Rincian
Press
Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan
Keberbakatan: Strategi Mewujudkan
Potensi Kreatif dan Bakat. Gramedia
Pustaka Utama: Jakarta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Suharsaputra, Uhar. 2013. Administrasi
Pendidikan. PT Refika Aditama:
Bandung
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar
Professional Guru. Jakarta:
Prestasi Pustaka Publisher
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.