PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPI TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA

Ani Endriani, Juliani Juliani

Abstract


Remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Gangguan
emosi dan gangguan perilaku merupakan akibat dari tekanan-tekanan yang dialami remaja,
tekanan-tekanan tersebut yang dilakukan remaja merupakan bagian dari perilaku bullying.
Bullying merupakan perilaku negatif yang dilakukan individu atau kelompok kepada individu
lain, “Bullying juga sebagai tindakan negatif secara fisik atau lisan yang menunjukkan sikap
permusuhan. Terkait dengan permasalahan di atas teknik biblioterapi dengan menggunakan
konseling kelompok sangat tepat diterapkan dalam memberikan imformasi dan pemahaman
tentang kehidupan yang nyata dengan harapan bisa diterapkan dalam kehidupannya sehingga
dapat berkembang secara optimal untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa. Rumusan
masalahnya adalah:Apakah Ada Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Perilaku Bullying
Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Peringgabaya Tahun Pelajaran 2016/2017?.
Tujuannya: untuk mengetahui pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Perilaku Bullying Pada
Siswa Kelas VIII di SMPNegeri 3 PeringgabayaTahun Pelajaran 2016/2017.Tehnik yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah tehnik Porposive Sampling, dan metode yang
digunakan untuk pengumpulan data adalahmenggunakan metode angket sebagai metode
pokok, metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi sebagai metode
pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t
hitung sebesar 9,296 dan nilai t table pada taraf signifikansi 5 % dengan db (N-1) = 8-1
=7sebesar 2,365. Dengandemikiannilai t hitunglebihbesardaripadanilai t padatabel (9,296>
2,365). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Maka kesimpulannya Ada Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Perilaku Bullying
Pada Siswa Kelas VIII di SMPNegeri3 Peringgabaya Tahun Pelajaran 2016/2017, artinya
hasil penelitian ini ”Signifikan”.
Kata Kunci: Teknik Bibliografi, Bullying Pada Siswa

Full Text:

PDF

References


Apriliawati Anita, 2011. Pengaruh

Biblioterapi Terhadap Tingkat

Kecemasan Anak usia Sekolah Yang

Menjalani Hospitalisasi Di Rumah

Sakit Isam Jakarta.Depok:Pasca

Sarjana Universitas Indonesia.

Ardi Wiyani, Novan. 2012. Save Our

Children From School Bullying.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bradley T. Erford, 2016. 40 Teknik Yang

Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi

Kedua. Pustaka Pelajar : Celeban

Timur

Chakrawati, Fitria. 2015. Bullying Siapa

Takut. Solo: Tiga Ananda.

Coloroso, Barbara. (2006). Penindas,

Tertindas dan Penonton. (alih Bahasa:

Santi Indra Astuti). Jakarta: PT

Serambi Ilmu Semesta.

Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan,

Yokyakarta : UNI Press

Eliasa, Eva Imania, 2007. Biblioterapi

Sebagai Sebuah Metode Tindakan

yang Bermakna. Laporan Hasil

Penelitian. Yokyakarta: FIP UNY

Olweous dkk. 2012.n Save Our Children

From School Bullying. Jogjakarta: Ar-

Ruzz Media

Purwanto, Evanthe, Maret 2015, “Pengaruh

Biblioterapi Terhadap Psychological

well-being Perempuan Lajang”. Jurnal

Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol

No. 1

Priyatna, Andri.2010. Let’s End Bullying.

Jakarta: PT Elex Media Komputindo

.

Widayanti, dkk. 2009. Fenomena Bullying

di Sekolah Dasar Di Semarang. Jurnal

Psikologi Undip.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.