HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DI SMPN 4 BATUKLIANG UTARA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ahmad Muslim, Riyanda Karnadi

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Hubungan Model
Kepemimpinan Transformasional dengan Iklim Organisasi Sekolah di SMPN 4 Batukliang
Utara Lombok Tengh Tahun Pelajarn 2014/2015?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini
adalah ”untuk mengetahui Hubungan Model Kepemimpinan Transformasional dengan Iklim
Organisasi Sekolah di SMPN 4 Batukliang Utara Lombok Tengh Tahun Pelajarn 2014/2015.
Teknik penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan teknik populasi, karena jumlah
populasi peneitian yang relatif sedikit, yaitu kurang dari 100. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode angket sebagai metode pokok dan
metode dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Sedangkan metode analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus
koefisien korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisi data dalam penelitian ini,
diperolah nilai rhitung sebesar 0.502, selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai
rtabel product momen pada taraf signifikansi 5% dengan N=21 diperoleh nilai sebesar 0.433.
Kenyataan tersebut menunjukan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau 0.502>0.433, maka
hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha
diterima. Kesimpulan yang diperolah dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Model
Kepemimpinan Transpormasional Dengan Iklim Organisasi Sekolah di SMPN 4 Batukliang
Utara Lombok Tengah Tahun Pelajran 2014/2015.
Kata Kunci: Model Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi Sekolah

Full Text:

PDF

References


Harist, B. 2005. Teori Organisasi

Bandung: Insani Press.

Danim, S. 2005. Menjadi Komunitas

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kusumastuti, D. 2009. Manajemen Sistem

Pengembangan Sumber Daya Dosen

Sebagai Penjamin Mutu di Perguruan

Tinggi. Bandung: Disertasi pada PPs

UPI.

Pidarta, M. 1995. Peranan Kepala Sekolah

pada Pendidikan Dasar. Jakarta : PT.

Gramedia Indonesia.

Sagala, S. 2013. Memahami Organisasi

Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v3i1.1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.