Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Dengan Menggunakan Media Lotto Angka
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to determine the improvement in numeracy skills in children by using lotto numbers media at PAUD Naiambaton in North Lebong Sub-District. This study is a Classroom Action Research (CAR) with a cyclical procedure. The subjects of this research were the children of Group B at PAUD Naiambaton, totaling 20 children. The research was conducted over two cycles, each consisting of two meetings. Data analysis was done both qualitatively and quantitatively, with the emphasis used to determine the improvement in the process expressed in a predicate, while quantitative analysis was used to determine the improvement in results using percentages. The results of improving numeracy skills in children using Lotto numbers media at PAUD Naiambaton in cycle I, meeting I was 37.5%, in cycle I, meeting II was 47.25%, cycle II, meeting I was 57.25%, and cycle II, meeting II was 80%. The conclusion of the research is that the media can improve numeracy skills in children at PAUD Naiambaton, North Lebong sub-district, as evidenced in cycle II, meeting II with an achievement percentage of 80% with the criteria of being very well developed (BSB).
Key Words: Numeracy Skills, Lotto Numbers
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung pada anak dengan menggunakan media lotto angka di PAUD Naiambaton Kecamatan Lebong Utara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Naiambaton yang berjumlah 20 orang anak. Penelitian dilaksanakan dua siklus dua pertemuan. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif dugunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan kemampuan berhitung pada anak dengan menggunakan media lotto angka di PAUD Naiambaton pada siklus I pertemuan ke I dengan presentase 37,5%, di siklus ke I pertemuan ke II dengan presentase 47,25%, siklus ke II pertemuan ke I dengan presentase 57,25% dan siklus II pertemuan ke II dengan presentase 80%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan media lotto angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di PAUD Naiambaton kecamatan lebong utara, terbukti pada siklus II pertemuan Ke II terjadi peningkatan dengan hasil presentase pencapaian sebesar 80% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Lotto Angka
Full Text:
PDFReferences
Aidil Saputra, (2019), “Pendidikan Anak Pada Usia Dini,” AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 20 Januari, 195
Anita. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Wafa Di Ra Insa, Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Anak Usia dini.
Arsyad Azhar, (2017), Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Astuti Dwi Retno, (2018), “Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuissenaire Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B di TK Nusa Indah Bulutengger Sekaran Lambongan”, Inovatif 4, no. 2.
Fadilah, Tresia Efrilian, Taty Fauzi, (2019), “Pengaruh Bermain Bola Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA Tanjung RaJa”, Pernik Jurnal PAUD 2, no. 2.
Yuliani, Nurani. (2019), Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Jakarta: CV Campustaka..
Istikomah Titis, Bukman Lian dan Romadona Noverina, (2020), “Pengaruh Permainan Balok Cruissennaire Terhadap Kemampuan Berhidung Pada Anak Di Kelompok A TK Nusa Indah Palembang”, Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). https://kbbi.web.id/
Kurnia Dewi, N. (2019). Penggunaan Media Roda Putar Puzzle Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SD. Jurnal Teknodik.
Mulyasa. (2019). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.
Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha (Vol. 9, Issue 1, p. 99). https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800
Sari, N. M. (2020). Pengembangan Media Permaianan Mipon’s Daily Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Pendidikan Anak Usia Dini, 4, 831–839.
Sari Ranita Desi, Mohammad Zainuddin dan Sa’dun Akbar, (2020), “Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun”, Jurnal Pendidikan 5, no. 11.
Siti Masitah, (2019), ”Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Permainan Lotto Angka”, skripsi pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Bengkulu.
Sri Hayati, (2019) “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Lotto Pada Anak Kelompok B di RA Raudhatus Salam Desa Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon”.Skripsi, Institusi Agama Islam IAI Bunga BAngsa Cirebon.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wijayanti Sukwa Dwi (2021), Pengaruh media lotto angka terhadap kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di sdlb pembina tingkat nasional bagian c malang, Skripsi, Universitas Negeri Malang.
Zahrotul Mufidah1, Imam Wahyono2, Yuli Tri Andini3, Eka Ramiati4, (2022), implementasi media lotto angka untuk mengembangkan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A1 RA Khadijah 5 Sumberasri, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 03 Nomor 02
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.