Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Media Papan Perasaan
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine the improvement of social emotional development in children with feeling board media at PAUD Harapan Desa Baru, Ilir Talo District. This research is a Classroom Action Research (PTK) or also called Classroom action research with the procedures used in the form of cycles. The subjects of this study were group A children at PAUD Harapan, totalling 15 children. The research was conducted in two cycles of two meetings. Data analysis was carried out in qualitative and quantitative descriptions with emphasis used to determine the improvement of the process expressed in a predicate, while quantitative analysis was used to determine the improvement of results using percentages. The results of improving social emotional development in children with feeling boards at PAUD Harapan in cycle 1 meeting to I with a percentage of 34.66%, in cycle 1 meeting to 2 with a percentage of 45.66%, cycle 2 meeting to 1 with a percentage of 61.66% and cycle 2 meeting to 2 with a presentation of 80.33%. The conclusion of the study that using the feeling board media can improve the development of socialisation in children at PAUD Harapan Desa Baru, as evidenced in cycle 2 meeting to 2 there was an increase with the results of the percentage achievement of 80.33% with very good developing criteria (BSB).
Keywords: Feeling Board Media, Social Emotional
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial emosional pada anak dengan media papan perasaan di PAUD Harapan Desa Baru Kecamatan Ilir Talo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Harapan yang berjumlah 15 orang anak. Penelitian dilaksanakan dua siklus dua pertemuan. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif dugunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan perkembangan sosial emosional pada anak dengan papan perasaan di PAUD Harapan pada siklus 1 pertemuan ke I dengan presentase 34,66%, di siklus ke 1 pertemuan ke 2 dengan presentase 45,66%, siklus ke 2 pertemuan ke 1 dengan presentase 61,66% dan siklus 2 pertemuan ke 2 dengan presentase 80,33%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan media papan perasaan dapat meningkatkan perkembangan sosialisasi pada anak di PAUD Harapan Desa Baru, terbukti pada siklus 2 pertemuan Ke 2 terjadi peningkatan dengan hasil persentase pencapaian sebesar 80,33% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).
Kata Kunci: Media Papan Perasaan, Sosial Emosional
Full Text:
PDFReferences
Abd. Malik Dachlan dkk (2019) Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Budi Uatama.
Arikunto (2016) menyebutkan bahwa “Jenis metode pengumpulan
Arikunto, Suharsimi (2011) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T.K., Tahrim, T., & Anwari, A.M. (2021) Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group.
Kustiawan, Usep (2016) Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Nabilah, Lulu, And Huda Huda (2021) Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Kooperatif Di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Desa Teluk Leban Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Diss. Uin sulthan thaha saifuddin jambi,.
Nefri Anra Saputra (2020) Perkembangan Peserta Didik ,Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Ratna, P. W (2020) Cara Mendidik Anak. Parenting.
safira riski Ajeng (2020) Media pembelajaran anak usia dini, (jawa barat: caremedia communication,),
Shofia Maghfiroh and Dadan Suryana (2021) Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 .
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Susilawati Okta Wiwik (2021) Perkembangan Sosial AUD Berbasis Karakter, (Bandung: Media Sains Indonesia).
Susanti, Susi, Yusria Yusria, and Achmad Fadlan (2019) Meningkatan Keterampilan Sosial Dan Emosional Anak Melalui Pembelajaran Kelompok Di TK Al-Mumtaz. Uin sulthan thaha saifuddin jambi,
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.