Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Tutup Botol

Masmarawati Masmarawati, Mimpira Haryono, Asnawati Asnawati, Rika Partika Sari

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the improvement of letter recognition skills through bottle cap games at PAUD Aisyah in Pondok Kelapa. This study is a Classroom Action Research (CAR) with the procedure implemented in cycles. The subjects of this study were children from group A at PAUD Aisyah, totaling 15 children. The research was conducted over two cycles, each with two meetings. Data analysis was performed using both qualitative and quantitative descriptions, with emphasis on qualitative analysis to determine the improvement process expressed in a predicate, while quantitative analysis was used to determine outcome improvements using percentages. The results showed an improvement in letter recognition skills through bottle cap games at PAUD Aisyah from the first cycle, first meeting at 30.85%, in the first cycle, second meeting at 39.06%, in the second cycle, first meeting at 56.64%, and in the second cycle, second meeting at 81.25%. The conclusion of the research is that using bottle cap games can improve letter recognition skills in children at PAUD Aisyah Pondok Kelapa, as evidenced by the increase in the second cycle, second meeting with a percentage achievement of 81.25%, meeting the criteria of very good development.

Keywords: Letter Recognition Skills, Bottle Cap Games

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf pada melalui permainan tutup botol di PAUD Aisyah Pondok Kelapa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Aisyah yang berjumlah 15 orang anak. Penelitian dilaksanakan dua siklus dua pertemuan. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif dugunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak melalui permainan tutup botol di PAUD Aisyah pada siklus I pertemuan ke I dengan presentase 30,85%, di siklus ke I pertemuan ke II  dengan presentase 39, 06%, siklus ke II pertemuan ke I dengan presentase 56,64% dan siklus II pertemuan ke II dengan presentase 81,25%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan permainan tutup botol dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di PAUD Aisyah Pondok Kelapa, terbukti pada siklus II pertemuan Ke II terjadi peningkatan dengan hasil presentase pencapaian sebesar 81,25% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Huruf, Permainan Tutup Botol


Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2018). Pengaruh media tutup botol bekas minuman terhadap kemampuan membilang. Jurnal Audi, 2(1).

Arifani, G. I., Mulyana, E. H., & Sumardi, S. (2020). Pengembangan media permainan sains feed the zoo animals berbantu flash card untuk memfasilitasi kemampuan mengenal huruf. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27199

Asni, B., Fitrianti, H., Hasanah, N., & Riyana, M. (2022). Analisis kegiatan pembelajaran mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Musamus Journal of Primary Education, 5(1). https://doi.org/10.35724/musjpe.v5i1.3863

Herlina, M. N., Fatimah, A., & Fahmi. (2018). Peningkatan mengenal huruf hijaiyah melalui media kartu huruf. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4676

Holifah, N., & Ma’ruf, A. (2019). Pengaruh penerapan media lego hijaiyah dari limbah tutup botol untuk meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah di RA miftahul huda kertosari pasuruan. Jurnal Mu’allim, 1(1), 79–94. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim PENGARUH

Martaulina, S.D. (2015). Bahasa Indonesia terapan. Yogyakarta: Deepublish

Novitasari, Elsa. (2017). “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Permainan Kartu Huruf Sandpaper”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh media sandpaper letter terhadap kemampuan mengenal huruf anak di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1), 56. https://doi.org/10.24036/104545

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Siregar Alam Rusti, (2019) “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017”, Jurnal Literasiologi, Vol. 2 No.1, Januari-Juni

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia dan pembentukan istilah. Jakarta: PT Grasindo.

Pemendikbud 137 Tahun (2014), “Pemendikbud 137 Tahun 2014 Standar Nasional PAUD,” Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Pranata, Joni. (2017). “Peningkatan Ketrampilan Membaca Permulaan Kata Melalui Media Flash Card”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Susanto, Ahmad. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara

Wahyuningtyas, P.A. (2015). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media papan flannel pada anak usia dini di tempat penitipan anak Beringharjo Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.