Meningkatkan Komunikasi Anak Melalui Permainan Tradisional Telepon Kaleng

Rezki Wahyuningsih, Mimpira Haryono, Rika Partika Sari

Abstract


Abstract: The aim of this research is to determine the improvement of children's communication abilities through the tin can Phone traditional game at PAUD Nur Abella Bentiring Permai. This study is a Classroom Action Research (CAR) conducted in cycles. The subjects of this study are 13 children in group B at PAUD Nur Abella. The research was carried out in two cycles with two meetings each. Data analysis was done qualitatively and quantitatively, with qualitative analysis used to determine the process improvement expressed in a predicate, while quantitative analysis was used to determine the improvement in results using percentages. The results showed an improvement in communication ability in children through the use of the tin can Phone traditional game at PAUD Nur Abella. In the first cycle, meeting 1 had a percentage of 38.46%, in the first cycle, meeting 2 had a percentage of 52.40%, in the second cycle, meeting 1 had a percentage of 61.53%, and in the second cycle, meeting 2 had a percentage of 80.28%.  In conclusion, the research showed that using the traditional game can enhance communication skills in children at PAUD Nur Abella Bentiring Permai. This was evidenced by an improvement in the second cycle, meeting 2, with an achievement percentage of 80.28%, indicating excellent development.

Key Words: Communication Skills, Traditional Games, Tin Can Phone

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi anak melalui permainan tradisional telepon kaleng di PAUD Nur Abella Bentiring Permai. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga Classroom action research dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Nur Abella yang berjumlah 13 orang anak. Penelitian dilaksanakan dua siklus dua pertemuan. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitaif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitatif dugunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan presentase. Hasil peningkatan kemampuan komunikasi pada anak dengan menggunakan permainan tradisional telepon kaleng di PAUD Nur Abella pada siklus I pertemuan ke I dengan presentase 38,46%, di siklus ke I pertemuan ke II  dengan presentase 52,40%, siklus ke II pertemuan ke I dengan presentase 61,53% dan siklus II pertemuan ke II dengan presentase 80,28%. Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan permainan tradisional telepon kaleng dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak di PAUD Nur Abella Bentiring Permai, terbukti pada siklus II pertemuan Ke II terjadi peningkatan dengan hasil presentase pencapaian sebesar 80,28% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Permainan Tradisional, telepon Kaleng


Full Text:

PDF

References


Aziz Safrudin, 2017, Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini,(Yogyakarta : Kalimedia).

Agustini, Dwi Rofiqoh dan Masudah. 2020. “Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B”. Jurnal Jurnal PAUD Teratai, Volume 9 Nomor 1.

Fadilah M., 2017, Bermain & Permainan Anak Usia Dini, (Jakarta : Kencana).

Hutagalung Inge, 2015, Teori-teori Komunikasi dalam Pengaruh Psikologi, Jakarta: Indeks.

Kurniati. Euis. 2016, Permainan Tradisional & Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta. Prenada Media Group..

Latif, Mukhtar dkk. 2016, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. (Rawamangun-Jakarta: Prenadamedia Group).

Lestariningrum Anik, Ardini. dan Pupung Puspa. 2018, Bermain dan Permainan Anak Usia Dini; Sebuah Kajian Teori Dan Praktik. Nganjuk. Adjie Media Nusantara..

Liana, Nadila April , Bukman Lian & Tutut Dwi Putranti. 2021, “Pengaruh Penerapan Bermain Lompat Tali Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di Tk Rasya Palemban”. Palembang: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI.

Mutiah Diana, 2015, Psikologi Bermain Anak Usia Dini (Jakarta: Prenada Media Group) cet. 3.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Rahman Abdul Agus, 2014, Psikologi Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Suryadi,M.Pd.I, 2016, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains,(PT Remaja Rodakarya:Bandung)

Wibowo Ari Kurniawan. 2019. Olahraga Dan Permainan Tradisional. Malang. Wine Media.

Wijaya Ranu Dharta Ignatius, 2017, Komunikasi Sosial Anak dengan Autism Spectrum Disorder, Yogyakarta: Kanisius




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.