Analisis Faktor Pertimbangan Mahasiswa dalam Pemilihan Program Studi Manajemen Undikma

Sami`un Sami`un, Fermatika Oktavia Hanna

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Universitas Pendidikan Mandalika Mataram. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Baru UNDIKMA bidang akademik tahun 2022/2023 berjumlah
1.062 orang, pengambilan sampel menggunakan Slovin berjumlah 295 orang. mahasiswa UNDIKMA pada Program Studi, S1 Manajemen. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling atau acak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil validitas uji faktor internal dan faktor eksternal hitung semuanya lebih besar dari tabel mean semua pernyataan itu valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan seluruh pernyataan baik internal maupun realibel eksternal karena crobach Alpha 0,780 dan 0,729 diatas 0,6. Itu Hasil menunjukkan bahwa Calon Mahasiswa UNDIKMA dari awal mayoritas bercita-cita menjadi lulusan ekonomi. Sebagian besar responden meyakini hal tersebut Lulusan UNDIKMA akan mendapatkan pekerjaan yang baik. Mayoritas responden merasa memiliki bakat di bidang ekonomi. Mayoritas masuk UNDIKMA karena UNDIKMA akreditasinya B dan dalam menentukan tempat perguruan tinggi mayoritas faktor lokasi yang dekat dengan kampus, selain itu biaya kuliah di UNDIKMA terjangkau. Saran perkuliahan di UNDIKMA yang dominan adalah nasehat orang tua dari teman. Calon Mahasiswa UNDIKMA mayoritas mendapat informasi dari brosur dan spanduk, menerima sangat sedikit informasi dari iklan surat kabar, radio, televisi, internet dan presentasi UNDIMA di sekolah.
Kata Kunci : Keputusan, Motivasi, Pendidikan Tinggi


Full Text:

PDF

References


Adrian Payne.(2007). The Essence of Service Marketing (Pemasaran Jasa) Jakarta Salemba Empat

Ali Hasan, S. M. (2008). Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Anoraga, Pandji. (2004). Manajemen Bisnis. Cetakan Ke 3. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Ari Setyaningrum, Jusuf Udaya, Efendi, (2015) Prinsif-Prinsif Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Assauri, Sofjan. , (2010) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press

Assael, Henry. (1998). Consumer Behaviour and Marketing Action, 6th Edition International Thompson Publishing, New York

Altman, I. & Taylor, D.A.(2006) Social penetration: The development or interpersonal relationship Holt, Rinehart & Winston. New York:

Basu Swastha DH., (2000), Asas-asas Marketing, Edisi III, Liberty Yogyakarta

Buchari Alma,. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan 5. Bandung, CV. Alfabeta.

David wijaya, (2012), Pemasaran Jasa Pendidikan, Salemba Empat, Jakarta:

Danang Sunyoto (2012). Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. CAPS. Yogyakarta

Djoko Purwanto, (2011), Komunikasi Bisnis, Penerbit Erlangga, Jakarta

Engel, James F., Blackwell, Roger D. &Miniard, Paul W. (1996). Perilaku Konsumen Alih Bahasa:

F. X. Budiyanto, Jilid II, Binarupa Aksara, Jakarta.

Eistein Yazid, (2005), Kimia Fisika Untuk Paramedis, Penerbit Andi, Yogyakarta

Goetsch, D.L. & Davis, S. (1994). Introduction to Total Quality : Quality, Productivity, Competitiveness. Englewood Cliffs, NJ : Prentice Hall International, Inc.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.11127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.