Manajemen Pengelolaan Kelas Pada Satuan PAUD SINAR PAGI Desa Maras Tengah Kabupaten Seluma

Suwarni Suwarni, Mimpira Haryono

Abstract


Abstract: to describe classroom management at the SINAR PAGI PAUD Unit in Maras Tengah Village, Seluma Regency. The method used in this research is a qualitative research method, a method based on the philosophy of postpositivism, used to research natural objects, where the researcher is the key instrument. The data collection technique was carried out by triangulation (combination). Data analysis is inductive or qualitative and research results emphasize meaning rather than generalization. The results of classroom management research at the SINAR PAGI PAUD Unit in Maras Tengah Village, Seluma Regency are good. The importance of classroom management, where classroom management is a factor that can create and maintain a classroom atmosphere and conditions so that it always looks effective. The creation of an effective classroom atmosphere has a major influence on the ongoing effective learning process. With good classroom management, no time is wasted just because the classroom situation is out of control.

Keywords: Classroom Management, PAUD.

Abstrak: untuk mendeskripsikan manajemen pengelolaan kelas pada Satuan PAUD SINAR PAGI Desa Maras Tengah Kabupaten Seluma. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada objek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi (gabungan). analisa data bersifat induktif atau kualitatif  dan hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian manajemen pengelolaan kelas pada Satuan PAUD SINAR PAGI Desa Maras Tengah Kabupaten Seluma sudah baik. Pentingnya pengelolaan kelas dimana manajemen kelas merupakan faktor yang dapat menciptakan dan mempertahankan suasana serta kondisi kelas agar selalu tampak efektif. Terciptanya suasana kelas yang efektif memiliki pengaruh besar terhadap berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif. Dengan manajemen kelas yang baik, tidak ada waktu yang terbuang percuma hanya karena situasi kelas yang tidak terkendali.

Kata Kunci: Manajemen Pengelolaan Kelas, PAUD.


Full Text:

PDF

References


Amilda. (2015). Pengelolaan Kelas Yang Humanis, Jurna Idaroh, Vol. 1, No. 1, juni, h. 90-91.

Erwinsyah Alfian. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 5, Nomor 2 : Agustus 2017.

Fitriani Ani (2018). Manajemen Pengelolaan Kelas. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hidayah Afifah Nur, 2020. Manajemen Kelas Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intanlampung.

Muyasaroh Siti (2018). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Jurnal Kependidikan dasar berbasis sains Vol 3 No 2 Tahun 2018.

Pangastuti Ratna. (2017). Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Anak Khadijah Pandegiling Surabaya. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, Juni 2017, h. 36.

Riyani Winda Ika, 2023. Ta’dib: Pengelolaan Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Penidikan Islam dan Isu-isu Sosial p-ISSN: 2088-6462-e-ISSN: 2686-0228 DOI: https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.725.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2 November 2014.

Sutanti. (2016). Gambaran Pengelolaan Kelas Oleh Guru PAUD, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2, 2016, h. 141-142.

Sugiyono (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Wasito Hadriani Lingga. (2013). Peranan Desain Interior Taman Kanak-Kanak. Jurnal Cendikia, Vol. 1, No. 1, Juni. 2013, h.31.

Wahid Abdul Hamid. (2017). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal al-Fikrah, Vol. V, No. 2 Juli-Desember 2017.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.11086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.