Teori Progresivisme dalam Penerapannya Pada Kebijakan Administrasi Pelayanan Terpadu di Disdikpora Kabupaten Cianjur

Sri Handayani, Hendi S. Muchtar, Ruri Kusriani, Santi Irfianti, Rahmat Setiawan

Abstract


Abstract: This research aims to explore the implementation of the Progressivism philosophy in its application to changes in Administrative Policy that occurred in the Cianjur Regency Education and Youth Department. So far, Progressivism Theory is usually used in learning, but in this research we take this theory from the perspective of advances in Information Technology as an impact on progress in the world of education. The question in this research is first  How can the concept of adaptation and change in the theory of progressivism be applied in the planning and implementation of integrated service administration policies?. This research uses a qualitative approach with the case study method. Data collection techniques that we use are observations, interviews, and documentation. Data analysis done by using qualitative data analysis techniques. The results of the literature study in the field studies are shown as the results of the study. The result of the research shows that the concept of adaptation and change in the theory of progressivism can be applied in the planning and implementation of the integrated service administration policy of the disdikpora office in Cianjur Regency. The integrated service that has just been inaugurated in the month of November is a new and powerful new service / innovation in the education service of Disdikpora Kab. Cianjur.

Key words: Implementation of Progressivism philosophy, integrated services 

Abstrak: Implementasi filsafat Progresivisme dalam penerapannya pada perubahan kebijakan administrasi yang terjadi di disdikpora Kabupaten Cianjur. Selama ini Teori Progresivisme biasanya digunakan dalam pembelajaran, tetapi pada penelitian kali ini kami mengambil teori ini dari sudut pandang kemajuan Teknologi Informasi sebagai dampak dalam kemajuan di dunia pendidikan. Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu pertama Bagaimana konsep adaptasi dan perubahan dalam teori progresivisme dapat diterapkan dalam perancangan dan pelaksanaan kebijakan administrasi pelayanan terpadu? Kedua Bagaimana prinsip-prinsip dasar teori progresivisme dapat terintegrasi dalam proses pengambilan keputusan terkait pelayanan terpadu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang kami digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Data hasil studi pustaka dan studi lapangan ditampilkan sebagai temuan penelitian yang selanjutnya data tersebut diinterpretasi untuk menghasilkan informasi atau pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep adaptasi dan perubahan dalam teori progresivisme dapat diterapkan dalam perancangan dan pelaksanaan kebijakan administrasi pelayanan terpadu di disdikpora Kabupaten Cianjur, terbukti dengan perubahan kebijakan sistem pelayanan menjadi pelayanan terpadu satu pintu. Pelayanan terpadu yang baru diresmikan pada bulan november ini merupakan sebuah terobosan baru atau inovasi dalam hal pelayanan pendidikan di Disdikpora Kab Cianjur.

Kata Kunci: Implementasi filsafat Progresivisme, Pelayanan terpadu


Full Text:

PDF

References


Jurnal Ilmiah:

Bogdan, R. C. dan Biklen, S. K. (2007). Penelitian Kualitatif untuk Pendidikan Suatu Pengantar Teori dan Metode. Boston: Edisi ke-5, Allyn & Bacon.

Iman, Muis Sad. 2004. Pendidikan Partisipatif. Menimbang Konsep Fitrah Dan ProgressivismeJohnDewey. Cetakan Pertama. Yogyakarta; Safiria Insani Press.

Salu, Vega ricky dan Triyanto, Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Implikasinya dalam pendidikan Seni di Indonesia" Volume 11 (2017) Jurnal Imajenasi (Tanggal diakses 10 November 2023)

Wulandari, Tria "Teori Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif dalam Pendidikan Islam" Volume 5 (2020) Jurnal Kajian Kependidikan Islam (Tanggal diakses 10 Neovember 2023)

Buku:

Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002)

Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan: Sistem & Metode, cet. 9 (Yogyakarta: ANDI, 1997).

John Dewey. (1916). Democracy and Education. New York: Macmillan.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Singapura: Sage Publications.

Muhammad Nurul Wathoni, Filsafat Pendidikan Islam Analisis Pemikiran Filososfis Kurikulum 2013 (Ponorogo: CV. Uwais Inspirasi Indonesia, 2018).

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muis Sad Iman, Pendidikan Partisipatif (Yogyakarta: Safiria Insania Press & MSI UII, 2004).

Muslich, M. (2007). KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Jakarta: Bumi Aksara.

Website :

Situs resmi Disdikpora Kabupaten Cianjur https://disdikpora.cianjurkab.go.id/

Universitas Islam An Nur Lampung. (2023). Kelebihan dan Kelemahan Kurikulum Merdeka. Diakses dari alamat https://an-nur.ac.id/blog/kelebihan-dan-kelemahan-kurikulum-merdeka.html




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.