Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kantor Desa Karang Anyar Kecamatan Semendawai Timur

Ibrahim Ibrahim, Choirun Niswah, Aris Efendi

Abstract


Abstract: This research is entitled "Implementation of Public Services at the Karang Anyar Village Office, East Semendawai Subdistrict." The problems that have occurred are that administrative services for population in the village face difficulties in processing the issuance of Family Cards (KK), errors, and a lack of availability of administrative services such as ID cards (KTP), Family Cards (KK), and Birth Certificates. The research method used is qualitative with descriptive characteristics. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The collected data is then analyzed and presented or data reduction is performed, followed by drawing conclusions. The results of this study show that the implementation of public services has been carried out quite well through several indicators. This includes the reliability of employees who are skilled in using service process aids, reliability seen from their level of education, reliability derived from a wealth of knowledge and experience, and more. Additionally, there is responsiveness in quickly responding to service requests, providing assurance in service delivery, and ensuring timeliness. There is empathy in understanding the needs of the community and attempting to understand their complaints. There are tangible facilities for service at the Karang Anyar Village Office. Furthermore, factors affecting service implementation include the availability of resources, employee awareness, and community support.

Keywords: Implementation, Public Services

Abstrak: Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Desa Karang Anyar Kecamatan Semendawai Timur. Adapun permasalahan yang terjadi, yaitu pelayanan administrasi kependudukan di desa tersebut memiliki kesulitan dalam mengurus pembuatan KK, kesalahan dan kurangnya penyediaan layanan administrasi KTP, KK, Akte Kelahiran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan karakteristik deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan kembali atau direduksi data lalu disajikan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya proses pelaksanaan pelayanan publik sudah dilaksanakan cukup baik melalui beberapa indikator, yaitu dengan melaksanakan kehandalan para pegawai yang handal dalam menggunakan alat bantu proses pelayanan, handal yang dilihat dari jenjang pendidikan, handal yang dimiliki dari banyak wawasan dan pengalaman, dan lainnya. Kemudian ketanggapan dalam merespon cepat pelayanan. Memberikan jaminan dalam pelayanan, jaminan tepat waktu. Empati dengan mengetahui kebutuhan masyarakat, mencoba memahami keluhan masyarakat. Kemudian, berwujud yang berupa fasilitas pelayanan di kantor desa Karang Anyar. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan dengan adanya sarana yang tersedia, faktor kesadaran pegawai, dan juga dukungan dari masyarakat.

Kata Kunci: Pelaksanaan, Pelayanan Publik



Full Text:

PDF

References


Abdussamad, J, 2019, Kualotas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo, Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 6(2), 73-82, https://doi.org/10.37606/publik.v6i2.6

Agustino dan Leo, 2014, Dasar-Dasar Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta.

Al Istiqomah, 2016, Fungsi Pelaksanaan (Actuating) Dalam Sumber Daya Manusia, Malang: UNM.

Andri dan Endang, 2015, Pengantar Manajemen, Kebumen: Mediatera.

Anggowo, 2008, Actuacting Dalam Pendidikan, Bandung: Rosda Karya Press.

Arikunto, Suharsmi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Batinggi, Ahmad, 1999, Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: UniversitasTerbuka.

B Putra, Muslimin, 2005, Enam Jalan Menuju Kinerja Pelayanan Prima, Jakarta:Erlangga.

Daryanto, 1997, Kamus Bahasa Lengkap, Surabaya: Apollo Lestari.

Daryanto, 2013, Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, Sanipah, 1992, Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta: CV Rajawali.

Fahmi, I.N. Alaydrus, A., dan Budiman, 2017, Studi tentang Pengelolaan Kearsipan dalam Menunjang Pelayanan Publik (Perbandingan di Kantor Kelurahan Rawamakmur dan Kantor Kelurahan Teluk Lerong Ula),E.Journal Ilmu Pemerintahan, 6(4), 1565-1578, ejournal.ipfisip-unmul.ac.id

Graha., Q. A. I. (2017). Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 7(2).

Hardiansyah, 2011, Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gava Media.

Ibrahim, Badaruddin, K. M. S., & Ridiana, P. (2023). Operasionalisasi Laboratorium Komputer Dalam Pembelajaran Jambura Journal of Educational Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(September), 239–250.

Ibrahim, I., Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(Nomor 1), 1–15. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128

Kurniawan, Munir, 2005, Manajemen Pelayanan Umum Indonesia, Jakarta: Bumi

Aksara.

Kwan, predrik dkk, 2013, Upaya Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Social dan Ilmu Politik, 2(2), 1-4).

Marlina, L., Anti, N. T., & Ibrahim. (2023). PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR UPTD DUKCAPIL KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(2), 74–84.

Moeloeng, J Ley, 2009, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: RemajaRosdakarya.

Muhadjir, Neong, 1996, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta:Rakesarasin.

Trisnawati, Erni dan Saifullah, Kurniawan, 2009, Pengantar Manajemen, Jakarta:Salemba Empat.

Setiawan, A. A. & J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Sudjana, Nana, 2004, Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Mamusia, Bandung: FalahProdiction.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif R&D,Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sukma, 2011, Dasar-Dasar Manajemen, Bandung: Manda Maju.

Teddy Minahasa, Putra, 2019, Pelayanan Publik dan Ketahanan Nasional, Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.

Terry, Georgre, 2013, Prinsip-Prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.