Analisis Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan

Mayshel Adinda Viola, Friska Aqilah Vilanti, Indah Afidah Rahman, Masita Masita, Indri Fitriyanti Gustian, Julia Dwi Mawarni, Hansein Arif Wijaya, Friscilla Wulan Tersta

Abstract


Abstract : This article aims to find out how to evaluate the education management system in Indonesia, identify problems or obstacles in implementing education management standards, discuss a number of obstacles in managing education, provide an understanding of the importance of education management standards to improve the quality of education in Indonesia, and provide related policy recommendations implementation of educational management standards to overcome various existing obstacles. Education management is the process of planning, organizing, leading and controlling educational resources to achieve educational goals effectively and efficiently. With good educational management, it is hoped that the process of transferring knowledge to students can run effectively and educational goals can be achieved. The topic of discussion in this article is the readiness of Human Resources (HR) who do not yet understand education management standards, budget limitations, weak monitoring and evaluation, low teacher quality, unvaried learning methods, and low student literacy. This research uses a literature study research method. Literature study is a series of actions that include reading, recording, and processing research material. Data sources for this research are books, journals and articles related to the research topic. Low understanding of human resources causes difficulties in planning, implementation, monitoring and evaluation. Budget limitations make it difficult for schools to provide quality facilities and infrastructure. Weak evaluation and supervision make it difficult to measure standard achievement. Low teacher quality causes difficulties in achieving graduate process and competency standards. Learning methods that do not vary make standard targets hampered and conflict with the process. Low student literacy is caused by internal and external factors. The researcher's hope is that this article can be a useful reference regarding the implementation of educational standards policies.

 

Key Words: Implementation; Management; Education

Abstrak : Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengevaluasi sistem pengelolaan pendidikan di Indonesia diterapkan, mengidentifikasi masalah atau hambatan dalam menerapkan standar pengelolaan pendidikan, membahas sejumlah kendala dalam mengelola pendidikan, memberikan pemahaman tentang pentingnya standar pengelolaan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, dan memberikan rekomendasi kebijakan terkait penerapan standar pengelolaan pendidikan untuk mengatasi berbagai hambatan yang ada. Pengelolaan pendidikan adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dengan pengelolaan pendidikan yang baik, proses transfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik diharapkan dapat berjalan secara efektif dan tujuan pendidikan dapat tercapai. Adapun topik pemabahasan dalam artikel ini adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum memahami standar pengelolaan pendidikan, keterbatasan 

anggaran, pengawasan dan evaluasi yang masih lemah, kualitas guru yang masih rendah, metode pembelajaran yang tidak bervariasi, dan literasi siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Studi kepustakaan adalah serangkain tindakan yang mencakup membaca, mencatat, dan mengolah materi penelitian. Sumber data untuk penelitian ini adalah buku, jurnal, dan artikel yang berkait dengan topik penelitian. Rendahnya pemahaman SDM menyebabkan kesulitan dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Keterbatasan anggaran membuat sekolah sulit memnuhi kualitas sarana dan prasarana. Evaluasi dan pengawasan yang lemah berdampak pada sulitnya mengukur pencapaian standar. Kualitas guru yang rendah menyebabkab kesulitan dalam mencapai standar proses dan kompetensi lulusan. Metode pembelajaran yang tidak bervariasi membuat target standar terhambat dan bertentangan dengan proses. Rendahnya literasi siswa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Harapan peneliti semoga artikel ini bisa menjadi referensi bermanfaat tentang implementasi kebijakan standar pendidikan.

Kata Kunci: Implementasi;  Pengelolaan; Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Anjarsari, P. 2020. Strategi Implementasi Kebijakan Standar Pengelolaan. Malang: Intelegensia Media.

Asmani, J. M. 2012. Kiat Mengelola dan Mendirikan Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Danim, S. 2006. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djamrah, S. 2002. Faktor- Faktor Penyebab Kesulitan Membaca. Jurnal Pendidikan, 2(3), 221-230.

Fattah, N. 2004. Ekonomi & Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fattah, N. 2013. Evaluasi Kinerja Pengimplementasian Standar di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 25-35.

Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar Natural Research Dilingkapi Contoh, Proses dan Hasil 6 Pendekatan Penelitian Kualitatif. Malang: Literasi Indonesia.

Hamzah, B. 2014. Teori dan Pengukuran Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 47-58.

Hapsari, D. 2019. Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 101-110.

Hidayat, Ara & Machali, Imam. 2012. Pengelolaan Pendidikan, Konsep, Prinsip. Jakarta: kuakaba.

Kemendikbud. 2021. Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Mardika, A. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-12.

Mendikbud RI. 2023 Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 47 Tahun 2023.

Mendiknas RI. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 19 Tahun 2007.

Nugroho, Riant. 2003. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: Elek Media Kompotindo.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pramesti, G. 2018. Faktor Penyebab Kegagalan Literasi Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Membaca, 3(1), 50-60.

Priatna, T. 2004. Reaktualisasi Pradigma Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka

Purwanto, N. 2011. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohani, A. 2020. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 101-110.

Rohayati, A. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah. Bandung: Refika aditama.

Sabrina, S.N & Effane, Anne. 2022. Desentralisasi Manajemen Pembiayaan Dan Komflik Dalam Mahalnya Biaya Pendidikan. Karimah Tauhid, Vol 1,No. 1.

Safitri, H. D. A., Putri, N. A., Prasetyo, G. B., Sumekar, P. J., & Maisyaroh. 2022. Kinerja Pengawas Sekolah Yayasan Pada Jenjang Pendidikan Menengah Pertama: Perspektif Guru dan Kepala Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vo.10, No. 2.

Saliza, E. 2021. Pengaruh Lingkungan terhadap Kemampuan Membaca Pemula Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 55-65.

Sallis, E. 2012. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.

Sukirman, Hartati. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

Sutisna, Oteng. 1983. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Sunengsih, N., Syaodih, C., & Soro, H. S. 2021. Implementasi Peraturan Menteri Agama tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kota Bandung. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. 4, No. 7, hal 621- 632.

Wahyudi. 2009. Kepimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Witanto, D. 2018. Sarana dan Prasarana Pendukung Literasi Baca Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Sastra, 4(1), 76-89.

Yuliastanty, S., Handriadi., & Rahmi, A. 2018. Pengelolaan Anggaran Sekolah Berbasis Partisipasi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Solok. UNES Journal of Social and Economics Research. Vol. 3, No. 2.

Yunus, S. 2018. Masalah Kualitas Guru di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol 4, No.2, hal 125-135.

Yustikia N. W. S. 2017. Pentingnya sarana pendidikan dalam menunjang kualitas pendidikan desekolah. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, Vol.4, No.2, hal 1-12.

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zed, M. 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.