Indexing metadata

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS AWAL SEKOLAH DASAR


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS AWAL SEKOLAH DASAR
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Sarilah Sarilah; UNDIKMA; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s)
 
4. Description Abstract

Abstrak: Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang paling populer, yang dimana Peserta didik yang berada pada sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model Implementasi pembelajaran tematik karena Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung. Penelitian ini dilaksnakan di SDN batu tinggang dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa: data deskriptif yang diperoleh melalui wawancara, data dokumentasi,dan data observasi mengenai implementasi pembelajaran tematik. Adapun implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar meliputi; implikasi bagi guru, implikasi bagi siswa, implikasi  terhadap sarana, prasarana, sumber belajar dan media, implikasi terhadap pengaturan ruangan, implikasi terhadap pemilihan metode dalam rangka implementasi Standar Isi yang termuat dalam Standar Nasional Pendidikan, maka pembelajaran pada kelas awal sekolah dasar yakni kelas satu, dua, dan tiga lebih sesuai jika dikelola dalam pembelajaran terpadu melalui pendekatan pembelajaran tematik. Sehingga proses pembelajaran lebih menarik,interaktif,dan menyenangkan jika guru dan siswa saling bekerjasama untuk kualitas pembelajaran yang lebih baik. Hasil penelitian yang ingin dicapai adalah model strategi pembelajaran tematik yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru SD/SDIT/MI di kabupaten lombok tengah khususnya dan NTB pada umumnya.

Kata kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Tematik Integratif, Sekolah Dasar


 
5. Publisher Organizing agency, location Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2020-10-09
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/2981
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.33394/jtni.v6i1.2981
 
11. Source Title; vol., no. (year) Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal; Vol 6, No 1 (2020): Maret
 
12. Language English=en
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal