Evaluasi Model CIPP Dalam Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Abdi Pertiwi
Abstract
Key Words: Evaluation, Program, CIPP Model, Equality Education, PKBM
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keefektifan pelaksanaan program pendidikan paket kesetaraan B di PKBM Abdi Pertiwi dengan menggunakan evaluasi model CIPP (context, input, process, product). Studi ini merupakan penelitian evaluatif yang menerapkan model evaluasi CIPP sebagai pendekatan. Teknik dan pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi langsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non-probability sampling. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa tingkat efektivitas komponen konteks, input, proses, dan produk dinilai sangat efektif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Adapun aspek Input program pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Abdi Pertiwi masuk dalam kategori cukup baik melihat dari penyeleksian tutor yang tidak terlalu ketat dan kaku. Sedangkan melihat dari aspek Proses nya masuk dalam kategori sangat baik dapat dilihat dari jadwal pembelajarannya yang ditetapkan melalui kesepakatan antara tutor dan peserta didik. Dapat disimpulkan efektivitas Evaluasi Model CIPP dalam Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Abdi Pertiwi dinilai sangat efektif.
Kata Kunci: Evaluasi, Model CIPP, Pendidikan Kesetaraan, PKBM, Program
.
Full Text:
PDFReferences
AchmadAdi, K., & Mustamil, K. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Soekarno Pressindo (Lpsp).
Arianto, H., & Kurniah, N. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Diadik: Jurnal Imiah Teknologi Pendidikan, 9.
Dalmia, & Abdi, A. F. (2021). Evaluasi Program Model Context Dan Input Dalam Bimbingan Konseling. Jubikops:Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1, 111–124.
Fauzi, A., & Dkk. (2021). Profil Pendidikan Alternatif Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Kota Serang Banten. 9, 176.
Iqbalsyah, M., Agia, N. R., & Rizki, A. A. (2023). Efektivitas Model Evaluasi Cipp Pada Program Pelatihan Komputer Di Lpk Teknoss Ciruas Serang Banten. Pacu Pendidikan Dasar, 3.
Putri, M., & Sa'di, K. (2023). Efektivitas Program Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal Di Pkbm Karoko Mas Desa Nanga Wera Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 102 - 110.
Septiaan, Y. A. D. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Paket C Di PKBM At-Taubah Tanjung Raya. Unsri.
Suharsimi, A., & Abdul, J. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Sunarti. (2013). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di Pkbm Ngudi Makmur Jamus, Pengasih Kulon Progo.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9983
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.