Penggunaan Model Teams Games Tournamen (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas X MIPA Pada Materi Menghindari Akhlak Tercela di Ma Annajah Tahun Pelajaran 2022/2023

Elizawati Elizawati

Abstract


Abstract: The problem in this research is what actions teachers take to improve student learning outcomes in the Aqidah Akhlak subject. By using the Teams Games Tournament (TGT) learning model. This research aims to find out how the implementation of the Teams Games Tournament model and to find out how the use and application of the Teams Games Tournament model can improve student learning outcomes. This research is classroom action research (PTK) with the subjects in this classroom action research being class Teams Games Tournament discussion learning model. The data collection techniques used are tests, observation and documentation. The results of this research are, first: The application of the Teams Games Tournament model in class Through this learning model, learning becomes more interesting and relevant, motivating students to be actively involved. Second: There is a significant difference between the results before and after the implementation of the Teams Games Tournament model in the subject of moral beliefs in class students in the subject of moral beliefs in class X MIPA MA Annajah Sesela Gunungsari West Lombok.

Key Words: Model Teams Games Tournamen, Moral Creed, Avoiding Disgraceful Morals 


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah tindakan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Dengan penggunaan model pembelajaran model Teams Games Tournamen (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan model Teams Games Tournamen dan untuk mengetahui penggunaan dan penerapan model Teams Games Tournamen dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Subjek dalam  penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X MIPA Di MA Annajah yang berjumlah 20 siswa, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela melalui model pembelajaran diskusi Teams Games Tournamen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, pertama: Penerapan model Teams Games Tournamen di kelas X MIPA MA Annajah Sesela Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat memberikan dampak positif terhadap perubahan tingkat hasil belajar siswa. Melalui model pembelajaran ini, pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan, memotivasi siswa untuk terlibat secara aktif. Kedua: Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan sesudah penerapan model Teams Games Tournamen pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X MIPA MA Annajah Sesela Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2022/2023, ini dapat diartikan bahwa model Teams Games Tournamen efektif dalam meningkatkan hasil belajar  siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X MIPA MA Annajah Sesela Gunungsari Lombok Barat.


Kata Kunci: Model Teams Games Tournamen, Akidah Akhlak, Menghindari Akhlak Tercela 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrahman. M. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.9685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.