Efektifitas Pola Pembinaan Lembaga PAUD Oleh DIKBUD Kabupaten Lombok Timur

Anita Anita, Muhammad Arief Rizka

Abstract


Abstract: The problem in this study is the implementation of ECCE programs carried out by the East Lombok District Education and Culture Office is the lack of ECCE program services, low early childhood participation rates in disadvantaged areas and the low quality of ECCE program services. The purpose of this study is to find out the extent of the effectiveness of the pattern of development of ECCE institutions by the East Lombok Regency Office and Culture. This study is an evaluative study with CIPP (context, input, process and product) with a population of 11 people. Data collection using questionnaires as the main method, observation and documentation as a complementary method. The instrument used in this study is a questionnaire, while the data analysis technique used in this study uses likert scale data analysis with a Percentage Formula. The respondents' answers after being analyzed were then interpreted through an interpretation table to obtain the effectiveness value of the coaching pattern. The results of this study stated that for the four components of the effectiveness of the coaching pattern, they got less effective values with different percentage values between the four components. The context component gets a percentage of 31%, the input component gets a percentage value of 27.4%, the process component gets a percentage value of 26.5%, and the product component gets a percentage value of 27.9% and the average value of the 4 components above is 28.2%. Thus, it can be concluded that the effectiveness of the pattern of development of ECCE institutions by the East Lombok Regency Office and Culture is less effective.

Key Words: Effectiveness, Manajemem Coaching Pattern.

Abstrak: 

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program PAUD yang dilakukan oleh Dinas DIKBUD Kabupaten Lombok Timur adalahminimnya layanan program PAUD, rendahnya angka partisipasi anak usiadini di daerah tertinggal serta rendahnya kualitas layanan program PAUD. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektifitas pola pembinaan lembaga PAUD oleh Dinas dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian evaluative dengan CIPP (context, input, process dan product) dengan populasi sebanyak 11 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan angket sebagai metode utama, observasi dan dokumentasi sebagai metoode pelengkap. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan teknik analisis data yang diguankan dalam penelitian ini menggunakan analisis data skala likert dengan Rumus Persentase. Jawaban responden setelah diananlisis kemudian diinterpretasi melalui tabel interpretasi untuk mendapatkan nilai efektivitas pola pembinaan. Hasil penelitian ini menyatakan untuk keempat komponen efektivitas pola pembinaan mendapatkan nilai kurang efektif dengan nilai persentasi yang berbeda diantara empat komponen tersebut. Komponen context mendapat prosentase sebesar 31%, komponen input mendapat nilai prosentase sebesar 27,4%, komponen process mendapat nilai prosentase sebesar 26,5%, dan komponen product mendapat nilai prosentase sebesar 27,9% dan nilai Rata-rata dari 4 komponen di atas yaitu 28,2%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa efektifitas pola pembinaan lembaga PAUD oleh Dinas dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur kurang efektif.

Kata Kunci: Efektivitas, Pola Pembinaan, dan Manajemem


Full Text:

PDF

References


Benyamin S. Bloom. 2015. Taxonomy of educational Objective, Handbook I: Cognitive Domain (New York: David McKay

Fatchudin. 2006. Analisis kebijakan Perkreditanuntuk Pengelolaan Perikanan Tangkap yang Berkelanjutan. Disertasi Sekolah Pascasarjanan. Institut Pertanian Bogor.

Mahmud,2011. Metode penelitianPendidikan.Bandung:PustakaSetia

Mardiasmo. 2016 .Efisiensi dan Efektifitas. Jakarta: Andy

Pindo Cynthia, N. 2009. Efektivitas Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Playgroup “Annisa” Pekajangan Kabupaten Pekalongan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Rahman. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Ravianto J. 2014. Produktivitas dan Pengukuran, Jakarta. Binaman Aksara

Sugiyono,2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono,2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif ,Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik, Jakarta: PTRinekaCipta

Suharsimi. 2014.Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik,Jakarta: PTRinekaCipta

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.