Peran Taman Pendidikan Al-Quran Hidayaturrasyidin Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh

Bayu Mahesa Putra, Kholisus Sa'di

Abstract


Abstract: The problem raised in this study is how the Role of the Hidayaturrasyidin Al-Qur'an Educational Park in the Formation of Children's Character in Montong Buwuh Hamlet. This study aims to determine the role of the Hidayaturrasyidin Al-Qur'an Educational Park in the Formation of Children's Character in Montong Buwuh Hamlet. This study uses data analysis methods using descriptive statistical analysis of percentages using survey methods. The method of determining the subject used is the sampling method. The sampling technique in this study is total sampling. with the number of subjects 20 people. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The results of this study are moral knowledge in the formation of children's character which is included in the very good category, namely 84.44%, moral feelings in the formation of children's character, which are included in the good category, namely 79.7%, moral actions in the formation of children's character are included in the good category is 80%, while the overall result is in the very good category, which is 81.2%, which means that the Al-Qur'an Education Park has carried out its role very well. So it can be concluded that the role of the Hidayaturrasyidin Al-Qur'an Educational Park in the Formation of Children's Character in Montong Buwuh has been running very well in accordance with the objectives to be achieved.

Key Words: Al-Qur'an Educational Garden, Character Building

Abstrak: Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayaturrasyidin dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayaturrasyidin dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh. Penelitian ini menggunakan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif persentase dengan menggunakan metode survey. Metode penentuan subjek yang digunakan adalah metode sampling. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. dengan jumlah subjek 20 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pengetahuan moral dalam pembentukan karakter anak yang termasuk dalam katagori sangat baik yakni 84,44%, perasaan moral dalam pembentukan karater anak yang termasuk dalam katagori baik yakni 79,7%, tindakan moral dalam pembentukan karakter anak yang termasuk dalam katagori baik yakni 80%, Sedangkan hasil keseluruhan berada pada kategori sangat baik yakni sebesar 81,2%, yang berarti Taman Pendidikan Al-Qur’an sudah menjalankan peranannya dengan sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayaturrasyidin dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Montong Buwuh sudah berjalan dengan sangat baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Kata Kunci: Taman Pendidikan Al-qur’an, Pembentukan Karakter  


Full Text:

PDF

References


Aliwar, Penguatan Model pembelajran Baca Tulis Al-Quran Dan Manajemen pengeollaan Organisasi (TPA), Jumal At-Tadib, Vol. 9(1). 2016:24.

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga

Laksono Puji dan Riska Magfirani. (2014). Cyber Prostitution Bergesernya Masalah sosial Ke Dalam Ruang Virtual, Jurnal Analisa Sosial vol 3(1), :52.

Liana, P. dan Sahri. (2020). Taman Pendidikan Al-Qur’an sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak di Desa Semawot. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 8, Nomor 2 (hlm 164-181).

Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara. 2012), h. 81

Maria J Wantah, (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktoret Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Megawangi, Ratna. (2010). Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk membangun Bangsa. Jakarta: IHF (Indonesia Heritage Foundation).

Saptono. (2011), Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Suharsimi, (2006). Prosedur Pendidikan. Bandung Alfabeta

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.