Pengaruh Media Media Pembelajaran Pohon Angka Terhadap Numerasi Anak PAUD di PKBM Tunas Unggul Kabupaten Lombok Utara

Sri Wahyuni, Herlina Herlina

Abstract


Abstract: The problem in this study is whether there is an influence of number tree learning media on the numeration of PAUD children at PKBM Tunas Unggul, North Lombok Regency. Then this study aims to determine the effect of Number Tree Learning Media on Numeration of PAUD Children in PKBM Tunas Unggul North Lombok Regency. The subjects of this study were group A students, then the method of determining subjects in this study was a population study because the number of subjects was less than 100 people but only 19 people. Data collection methods used in this study are observation as the main method, documentation and interviews as complementary methods. The data analysis technique used is the t-test statistical formula. The results of the study show that there is an influence on the development of numeracy skills seen in group A students. This is confirmed by the results of the t-test calculation which produces a value for the numeration of 570.16, while the total t-table results are 1.734. This means that the null hypothesis (HO) is rejected while (Ha) is accepted. Based on the results of these calculations, it can be said that the influence of Number Tree Learning Media on the Numeration of PAUD Children at PKBM Tunas Unggul, North Lombok Regency is very high and should be maintained in order to give birth to smart and active children for the life of the nation in the future. The conclusion of this study is that there is a significant effect on early childhood numeracy at Tunas Unggul PAUD

Keywords: Influence Of Number Tree Media, Early Childhood Numeracy

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah ada Pengaruh Media Pembelajaran Pohon Angka Terhadap Numerasi Anak PAUD di PKBM Tunas Unggul Kabupaten Lombok Utara. Kemudian penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Pohon Angka Terhadap Numerasi Anak PAUD di PKBM Tunas Unggul Kabupaten Lombok Utara.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A , kemudian metode penentuan subjek pada penelitian ini adalah studi populasi karna jumlah subjek kurang dari 100 orang melainkan hanya 19 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi sebagai metode utama, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus statistic t-test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengembangan keterampilan numerasi yang terlihat pada peserta didik kelompok A. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan t-test yang menghasilkan nilai untuk numerasi 570,16, sedangkan pada jumlah hasil t-tabel yaitu 1,734. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol (HO) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Berdasarkan dari hasil perhitungan tersebut bisa dikatakan bahwa Pengaruh Media Pembelajaran Pohon Angka Terhadap Numerasi Anak PAUD di PKBM Tunas Unggul Kabupaten Lombok Utara sangat tinggi dan patut dipertahankan agar melahirkan anak-anak yang cerdas dan aktif bagi kehidupan bangsa di kemudian hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap numerasi Anak Usia Dini di PAUD Tunas Unggul.

Kata Kunci: Pengaruh Media Pohon Angka, Numerasi Anak Usia Dini



Full Text:

PDF

References


Asmariani, “Konsep Media Pembelajaran Paud”, Jurnal Al-Afkar, Vol.5.No.1, 2016. h. 26-18.

Febiola, K. A. 2020. Peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui pengembangan media pembelajaran pohon angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238-248.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Informal: P2PNFI Regional II Semarang

Suyanto Slamet. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY Pres.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohani, E. 2009. Evaluasi pelaksanaan program pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam konteks pemberdayaan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.