Efektifitas Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4 – 5 Tahun

Haryati Haryati, Nur Intan Rochmawati, Nurul Iman

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the use of file items as a learning medium to develop the creativity of children aged 4-5 years. This type of research is a quantitative research design Pres Experimentak Desaigns, namely one Shot Case Study. The study sample consisted of 60 children in RA Al Ma'arif Jambu. Data mining techniques with interviews, observations, documentation and tests. Data analysis techniques include normality test, homogeneity, Independent Sample T-Test, Mann-Whitney U Test. The results of the study that the t-count value was 4.783 > tcount 2.093, and the sig value was 0.000 < 0.05 so that it can be concluded that there is a difference in the average results of the post-test percentage results between the experimental class and the control class. The average score of the experimental class using used children's creativity got a score of 92 and in the conventional learning control class got a score of 80.25. Thus, experimental classes with used media can be more effectively used to improve and develop children's creativity in RA Al Ma'arif Jambu.

Key Words: Utilization of Used Goods as Media, Creativity for Children Aged 4-5 Years 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan barang berkas sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan Kreatifitas Anak Usia 4 - 5 Tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif design Pres Experimentak Desaigns yaitu one Shot Case Study. Sampel penelitian terdari 60 anak di RA Al Ma`arif Jambu. Teknik penggalian data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji Independent Sample T-Test, Uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian bahwa nilai t-hitung 4,783 > thitung 2,093, dan nilai sig 0,000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil rata-ratanya hasil prosentase post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata rata kelas eksperimen yang menggunakan barang bekas kreativitas anak mendapat nilai sebesar 92 dan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan konvensional mendapat nilai 80,25. dengan demikian maka kelas eksperimen dengan media barang bekas lebih efektif dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas anak di RA Al Ma`arif Jambu.

Kata Kunci: Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media, Kreativitas Anak Usia 4 – 5 Tahun

 



Full Text:

PDF

References


Djafar, Lindawati. (2014). Deskripsi Perkembangan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo. 1-14.

Fatimatus (2020), Peningkatan Keterampilan Bicara Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bercerita (Wayang Beber Tematik) Di Kelompok Bermain Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyono Pati.

Faiqotul Mukarromah (2019) Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Boneka Jari Pada Anak Kelompok B Raudlotul Athfal Aisyah Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018 – 2019. Institut Agama Islam Negeri Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Juli 2019.

Khazanah, Dewianti. (2017). Kedudukan Bahasa Jawa Ragam Krama Pada Kalangan Generasi Muda: Studi Kasus Di Desa Randegan Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto Dan DI Dusun Tutul Kecamatan Ambulu,Jember, 3(2), 1-11.

Muhid, Ahmad. (2016). Tingkat Tutur Bahasa Jawa Masyarakat Samin Desa Klopoduwur Kabupaten Blora. Jurnal Majalah Ilmiah Informatika. Nomor.1. Vol.2. Hal.84-103.

Qurratun Aini (2018) Penerapan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Di Paud Elfa Pirak Bereunueun Kabupaten Pidie. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Sirjon (2021) Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Boneka Jari di TK Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 7, No 2 (2021.

Aprillina, N. Z., Ahmad, A., & Rahmi. (2020). Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Di Tk Aba Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 22–33. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/15310

Ulya, R., Ahmad, A., & Bahrun. (2019). Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Di PAUD Al Kamal Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 4(4), 25–33. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/15273

Utariani, N. K., Sudarma, I. K., & Magta, M. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3264

Marlinda, N. L. D., Wirya, I. N., & Tirtayani, L. A. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/PAUD.V2I1.3155




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.