Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter dan Pengasuhan Demokratis Orang Tua Yang Memiliki Anak Usia Pra Remaja
Abstract
Abstract
The development in changes of pre-adolescent children tend to cause concern for parents, among the changes that occur are in the emotional aspect. To understand these developmental changes, proper parenting and inculcation of character and moral values are needed. This paper is presented in the form of a quantitative description with the aim of describing it systematically, factually. The results obtained are democratic parenting and active communication and instilling moral values as early as possible to form good character for pre-adolescent children so that they have wise and polite personalities.
Key Words: Parenting, Character Education, Pre-Adolescents
Abstrak
Perubahan perkembangan anak usia pra remaja cenderung menimbulkan berbagai kekhawatiran orang tua, salah satu perubahan yang tampak adalah dalam aspek emosi, emosi yang menggebu-gebu serta sikap susah diatur. Untuk memahami perubahan perkembangan anak pra remaja diperlukan pola pengasuhan yang tepat dan penanaman karakter serta nilai-nilai moral. Tulisan ini disajikan dalam bentuk deskripsi kuantitatif dengan tujuan memberikan deskripsi secara sistematis, factual dan menggunakan data dalam bentuk kata atau gambaran. Adapun hasil yang dadapatkan adalah pola asuh demokratis dengan menerapkan komunikasi yang aktif dan menanamkan nilai moral sedini mungkin dapat membentuk karakter baik bagi anak pra remaja sehingga menjadikanya memilikipribadi yang bijak serta sopan.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pola Asuh, Pra Remaja
Full Text:
PDFReferences
Agoes Dariyo. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Creswell. (2003). Research Design. Indonesia : PT. Index Mowen
Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. 2000. Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : PT. BPKGunung Mulia.
Geldard, K., & Geldard, D. (2011). Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Habibi, M.(2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini, Buku Ajar S1 PAUD. Yogyakarta: Deepublish.
Moleong. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mikkelsen, H. T., Småstuen, M. C., Haraldstad, K., Helseth, S., Skarstein, S., & Rohde, G. (2022). Changes in health-related quality of life in adolescents and the impact of gender and selected variables: a two-year longitudinal study. Health and Quality of Life Outcomes, 20(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/S12955-022- 02035-4
Surbakti, E. B. (2008). Konseling Praktis: Mengatasi Berbagai Masalah. Bandung: Kalam Hidup.
Susabda, Y. B. (2011). Pastoral Konseling (Jilid 2). Malang: Gandum Mas.
Yatim, D., & Irwanto. (1991). Kepribadian, Keluarga dan Narkotika Tinjauan Sosial Psikologis. Jakarta: Arcan.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.8432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.