Evaluasi Program Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di LPK Veritrust

Helga Raissa Nugroho, Ida Febriani, Indra Sudrajat

Abstract


Provinsi Banten menjadi peringkat ke-3 besar dalam pengangguran. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi Banten masih menjadi daerah yang paling tinggi angka penganggurannya dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Sehingga di perlukannya sertifikasi untuk bisa mendobrak dan bersaing dengan orang - orang dari luar Banten. Lembaga pelatihan kerja (LPK) Veritrust hadir untuk membantu mengembangkan potensi SDM untuk mengurangi angka pengangguran khususnya di provinsi Banten. Pada kegiatan evaluasi ini menggunakan model evaluasi Kirkpatrick dengan 4 tahapan yaitu Reaksi, Pembelajaran, Perilaku, dan Hasil. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara dan observasi kepada pengelola LPK Veritrust. Sumber data pada evaluasi ini berasal dari data primer (pengelola LPK Veritrust) dan data sekunder (dokumentasi, buku, artikel jurnal, sumber relevan). Hasil evaluasi yang telah dilakukan menunjukan bahwa keberhasilan program pelatihan sudah sesuai dengan tujuan diselenggarakannya pelatihan. Setiap peserta yang mengikuti pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) akan mendapatkan sertifikasi Ahli K3 Umum yang dapat membantunya didalam dunia kerja, serta membantu peserta pelatihan dalam mengikuti magang atau mendapatkan pekerjaan sehingga hal ini dapat berguna untuk mengurangi pengangguran yang terjadi di Provinsi Banten


Full Text:

PDF

References


Ardi, S. Z. (2014). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATANDAN KESEHATAN KERJA (K3) DI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH KOTA YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Erfian, M., & Raharjo, N. E. (2020). Evaluasi penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada praktik finishing bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 139-148.

Fassa, F., & Rostiyanti, S. (2020). Pengaruh pelatihan k3 terhadap perilaku tenaga kerja konstruksi dalam bekerja secara aman di proyek. Architecture Innovation, 4(1), 1-14.

Giovanny, Y. (2016). Efektivitas pelatihan K3 dengan upaya pencegahan Kecelakaan kerja pada karyawan. Jurnal Manajemen: Untuk Ilmu Ekonomi dan Perpustakaan, 2(1).

Mindhayani, I. (2019). Penyuluhan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di UD. Barokah Bantul. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 78-83.

Rifai, A., Sari, I. P., Juniar, N. M., Iswandari, A. V., & Ramadhani, Z. S. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Menjahit di LPK Anita Kota Serang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 101-110.

Setyanti, D. A. EVALUASI PELATIHAN KIRKPATRICK.

Utomo, A. P., & Tehupeiory, K. P. (2014). Evaluasi pelatihan dengan metode Kirkpatrick analysis. Jurnal Telematika, 9(2), 37.

Yulianti, E. (2015). Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan grand fatma hotel di tenggarong kutai kartanegara. E-Jurnal Administrasi Bisnis, 3(4), 900-910.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.