Implementasi Pelatihan Tata Rias Wajah Dalam Upaya Membantu Peluang Kerja Bagi Peserta Didik Pada LKP An-Nisaa Kota Serang

Nurhafiza Hayatun Nufus, Siti Adwa Dzatil A, Indra Sudrajat

Abstract


Abstract

This research raises the title of helping job opportunities with make up training at LKP An-Nisa in the city of Serang as the research title. Efforts to help job opportunities for students are by participating in training that is in accordance with the skills they have. Through this make-up training, the aim is to find out the planning and implementation that will be followed by students at LKP An-Nisaa, Serang City. In addition, we can also find out the size of the training for students to find out differences in students of different ages in the learning model. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach with the aim of collecting, compiling and analyzing the results of the research to be discussed. The results showed that the planning and implementation of the make-up carried out by LKP An-Nisaa had gone well. The number of enthusiasts who took part in the training program to serve as a job opportunity as well as a business. Makeup training is currently in great demand among women who want to develop their skills and increase their knowledge through makeup.

Key Words: Cosmetology face training, Job opportunities, Leaners.

Abstrak

Penelitian ini mengangkat dengan judul membantu peluang kerja dengan pelatihan tata rias wajah pada LKP An-Nisa dikota Serang sebagai judul penelitian. Upaya dalam membantu peluang kerja bagi peserta didik yaitu dengan cara mengikuti pelatihan yang sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya. Melalui pelatihan tata rias wajah tersebut dapat bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan juga pelaksanaan yang akan diikuti oleh peserta didik pada LKP An-Nisaa Kota Serang. Selain itu juga kita dapat mengetahui ukuran pelatihan bagi peserta didik  untuk mengetahui adanya perbedaan peserta didik yang berbeda usia dalam model pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mengumpulkan, menyusun serta menganalisis hasil penelitian yang dibahas. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan dan pelaksanan tata rias wajah yang dilakukan oleh LKP An-Nisaa sudah berjalan dengan baik. Banyaknya peminat yang mengikuti program pelatihan tersebut untuk dijadikan sebagai peluang kerja serta dijadikan usaha. Pelatihan tata rias wajah pada saat ini sangat diminati oleh kalangan perempuan yang ingin mengembangkan keterampilan dan menambah pengetahuan melalui tata rias.

Kata Kunci: Pelatihan tata rias wajah, Peluang kerja, Peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Cameron, K. S., & Quinn, R. e. (2019). Diagnosing and changing organizational culture: Based on the competing values framework. John Wiley & Sons.

Hellriegel, D., Slocum, J. W., & Woodman, R. W. (2019). Organizational behavior. Cengange Learning.

Kiki Armansyah (2018). Hubungan Sarana dan Prasarana

Sedarmayanti. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Refika Aditama Eresco

Mahesa Desta Pranata (2013). Pengaruh Sumber Belajar Teradap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Universitas Pendidika Indonesia.

Parmenter, G. (2017). Participant selection and enrolment in excutive education: A systematic review of the literature. Journal of Management Development, 36(5), 608-624.

Pendidikan, D. A. N., Dan, M. P., Jawa, D., & Hendharli, R. (n.d.). PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM LIFE SKILL ( Studi Kasus Teknologi Tepat Guna Pemanfaatan Potensi Lokal Umbi Sente Di desa karangsetra Kec . Koroncong kab . Pandeglang Provinsi Banten ) APPLICATION. 63.

Rohmat, R. (1970). Kepemimpinan Pendidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 19–33. https://doi.org/10.24090/insania.v11i1.93

Pratiwi, N. T. D. (2018). Pelatihan Tata Rias Wajah Dalam Upaya Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik Di Lkp Mutiara Aini Jombang. J+ Plus Unesa, 7(1), 1–6.

Wahyu, S. S. (2018). Manajemen Pendidikan Nonformal. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 20.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.