Peningkatan Life Skill Melalui Pelatihan Microsoft Word Pada LPK Teknoss Ciruas Kota Serang

Abira Salsabila, Nur Alicia2, Ino S Rawita

Abstract


Abstract (English)

This study aims to find out how to increase Life Skills through Microsoft Word training at LPK TEKNOSS Ciruas, Serang City. The approach used in this study is a qualitative approach. The research was conducted at LPK TEKNOSS Ciruas, Serang City, Banten. Sources of data in this study were obtained through direct interviews with the head of training management and tutors at LPK Teknoss. The secondary data sources as a complement to the primary data are in the form of documents, videos, sound recordings and photo documentation. The main reason for LPK TEKNOSS to hold this training program is the urgency that is needed by teenagers to adults. The training programs taught include: the latest features, tab design, read more view, read more view, expand and collapse features, live layout and alignment guides features, easily accessible layout options features,improved table features, and many more. Improving life skills itself is a provision in education at LPK TEKNOSS to make individual quality competitive and have abilities or skills in everyday life that can be used for life. Improving these life skills also needs to be honed and studied more deeply to increase professionalism as well as improve self-quality of skills or abilities. There are still many people who do not develop life skills especially in Microsoft word so that these skills or abilities need to be honed and need to be taught to institutions as well as being developed for other education. The development of information and communication technology is very important especially to support life and abilities in everyday life.

Key Words: life skill, lpk teknoss, Microsoft word.

Abstrak (Indonesia)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara peningkatan Life Skill melalui pelatihan Microsoft Word pada LPK TEKNOSS Ciruas Kota Serang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di LPK TEKNOSS Ciruas, Kota Serang, Banten. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara langsung kepala pengelola pelatihan dan tutor LPK Teknoss. Adapun sumber data sekunder sebagai pelengkap data primer yaitu berupa dokumen, video, rekaman suara dan foto dokumentasi. Alasan utama LPK TEKNOSS mengadakan program pelatihan ini yaitu urgensinya yang sangat dibutuhkan kalangan remaja sampai orang dewasa. Adapun program pelatihan yang diajarkan diantaranya seperti: fitur terbaru, design tab, read more view, read more view, fitur expand dan collapse, fitur live layout dan alignment guides, fitur layout options yang mudah diakses, perbaikan fitur table, dan masih banyak lagi. Peningkatan life skill ini sendiri sebagai bekal dalam pendidikan di LPK TEKNOSS untuk menjadikan kualitas individu agar memiliki daya saing dan kemampuan atau skill dalam keseharian yang dapat digunakan untuk kehidupan, peningkatan life skill ini juga perlu diasah dan dipelajari lebih dalam untuk meningkatkan profesionalisme juga meningkatkan kualitas diri terhadap skill atau kemampuan yang dimiliki. Masih banyak orang yang kurang mengembangkan life skill terlebih pada Microsoft word sehingga skill atau kemampuan ini perlu diasah dan perlu diajarkan terhadap lembaga juga dikembangkan terhadap pendidikan lainnya,  tujuan dari penelitian ini juga untuk memberitahukan juga mengedukasi terhadap masyarakat bahwa peningkatan life skill terlebihnya pada Microsoft word atau pengembangan teknologi informasi dan komunikasi itu sangat penting terlebih untuk menunjang kehidupan dan kemampuan dalam sehari-hari.

Kata Kunci: life skill, lpk teknoss, Microsoft word.



Full Text:

PDF

References


Anwar, A. (2006). Pendidikan kecakapan hidup. Bandung: Alfabeta.

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di lembaga kursus dan pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 1–9.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Model Tellumpoccoe Bagi Penyelenggara Kursus Pada Satuan Pendidikan Nonformal Tahun 2016. Makassar.

Sutarto, Joko. (2013). Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish.

Teknoss.or.id. (2020). LPK TEKNOSS. Diakses pada 27 Mei 2023, dari https://teknoss.or.id/

Trisnawati, B., Sudadio., & Fauzi, A. (2017). Peningkatan Life Skills Warga Belajar melalui Kursus Komputer di PKBM Cipta Cendekia Kota Tangerang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2): 176-185.

Zainal Abidin. (2014). Implementasi Pendidikan Life Skill Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 6 (1), 162-173, 2014.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.