EVALUASI PROGRAM KAMPUNG LITERASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA SESELA KECAMATAN GUNUNGSARI

Suharyani Suharyani, I Wayan Tamba

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Antencendent yang terdiri darikarakteristik masyarakat, pengelola, sarana dan prasarana atau buku-buku bacaan yang tersedia di program “Kampung Literasi”; (2) Transaction yang terdiri dari kegiatan praktik baca, partisipasi masyarakat, hubungan antar pribadi yang baik dalam praktik bacadalam pelaksanaan program kampung Literasi; (3) Outcome yang terdiri dari prosentase masyarakat yang bisa membaca dan kepedulian masyarakat terhadap program Kampung Literasi di Dusun Muhajirin Desa Sesela.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan hasil evaluasiyang mendalam dan komprehensif dengan berbasis pada data-data angka.Kemudian model yang digunakan adalah desain evaluasi. Penelitian evaluasi merupakan kegiatan penelitian untuk mengumpulkan data, menyajikan informasiyang akurat dan objektif mengenai pelaksanaan program kampung literasi. Model evaluasi yang digunakan adalah Model Stake.Model ini memberikan metode yang sistematis untuk mengevaluasi program kampung literasi di Desa Sesela Kecamatan Gunungsari tahun 2017. Komponen yang dievaluasi menurut Stake adalah antencendent, transaction,danoutcome. Antencendent (masukan) yaitu keadaan persyaratan sebelum proses berlangsung ,tansaction(proses) yaitu kegiatan interaksi yang terjadi, dan Outcome (hasil) yaitu suatu yang diharapkan dari interaksi yang terjadi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian evaluasi ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing komponen yang dievaluasi dari data kuantitatif yang dianalisis dari instrument angket. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aspek antencendent di program “Kampung Literasi” di Dusun Muhajirin Desa Sesela termasuk dalam kategori “Baik” karena Mean Aktualnya adalah 43,82 yang berada diantara 37,333 - ≥ 47,999; (2) aspek Transactiondalam pelaksanaan program kampung Literasi dalam di Dusun Muhajirin Desa Sesela termasuk dalam kategori “Baik” karena Mean Aktualnya adalah 43,82 yang berada diantara 37,333 - ≥ 47,999; (3) Aspek Outcomedari program Kampung Literasi di Dusun Muhajirin Desa Sesela, termasuk dalam kategori “ Baik” karena Mean Aktualnya adalah 16,4 yang berada diantara 14 - ≥ 18 .
Kata Kunci:Evaluasi Program, Minat Baca, Kampung Literasi


Full Text:

PDF

References


Chadwick, A. Bruce, dkk. (1984). Metode penelitian ilmu sosial. New Jersey: ice hall, inc. Englewood cliffts Netting, F. Ellen, Peter M. Kettner dan Steven L. McMurtry (1993), Social Work Macro Practice, New York: Longman

Dantes, Nyoman. 1993 Statistik Non Parametrik. Singaraja: FKIP UNUD

Masri Singarimbun. 1987. Metode Penelitian Survei. Yogyakarta: LP3ES.

"Pendidikan Kesetaraan Mencerahkan Anak Bangsa", Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Dirjen Pendidikan Luar Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional, 2006.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v3i2.748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.