Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Wayan Tamba

Abstract


Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM Mandiri dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan. Untuk mengetahui apakah program ini telah berhasil dengan baik atau tidak, maka perlu dilakukan kajian melalui penelitian dengan judul “Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) di Desa Midang Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2012.” Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui proses pelaksanaan PNPM-MP dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khusus Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP) dan dampak PNPM-MP dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khusus Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP) di Dusun Belencong Desa Midang Kecamatan Gunungsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, karena penelitian berupaya untuk menggambarkan fenomena atau gejala-gejala yang terjadi di lingkungan masyarakat kaitan dengan pelaksanaan PNPM-MP dan dampak ekonomi masyarakat yang ditimbulkannya. Kemudian hasil penelitian adalah dengan adanya SPP ini perekonomian masyarakat khususnya para anggota kelompok SPP di Dusun Belencong menjadi meningkat. Terutama kaum ibu-ibu yang menjadi anggota SPP tersebut, mereka mengaku sangatlah terbantu dengan pinjaman tambahan modal dari SPP tersebut, dari usahanya yang akan mulai bangkrut bisa terbantu dengan pinjaman tambahan modal yang didapat dari SPP, sehingga usahanya bisa lancar kembali dan perekonomian keluarga bisa lebih sejahtera lagi. Hal ini dapat kita lihat dari terpenuhinya kebutuhan mendasar keluarga seperti kebutuhan akan makanan, pakaian, pendidikan dan biaya kesehatan.
Kata Kunci : Efektivitas, Pemberdayaan Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Djumhana. (2002). Hukum Keuangan Daerah. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Gunawan. (2002). Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Lexy Moleong. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Manulang. (2011). “Pengertian Ekonomi”, dlm http://HistoryofIndonesia. Diambil tgl 20 Mei 2011.

Muflich Ayib. (2008). Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. Jakarta: Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia.

Muflich Ayib. (2008). Pemberdayaan Masyarakat dan Program Pengembangan Kecamatan (PNPM-PPK). Jakarta: Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia.

Purwanti, Dasar-dasar Metodelogi penelitian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Narbuko dan Achmadi. (2007). Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT.Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v2i2.739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.