Identifikasi Minat Orang Tua Menyekolahkan Anak Perempuannya pada Tingkat Perguruan Tinggi

Suharyani Suharyani

Abstract


Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui faktor-faktor penyebab minimnya minat orang tua menyekolahkan anak perempuannya ke tingkat perguruan tinggi dan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi minimnya minat orang tua menyekolahkan anak perempuannya ke tingkat perguruan tinggi di Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur Tahun 2015. Sedangkan manfaatnya menambah khasanah pengetahuan bagi semua pihak yang terkait, memberikan informasi awal bagi peneliti yang ingin meneliti fenomena yang berbeda namun di lokasi yang sama dengan penelitian ini dan memberikan informasi kepada masyarakat Desa Sepapan tentang pentingnya pendidikan terutama bagi anak perempuan. Peneitian menggunakan pendekatan kualitatif karena lebih menekankan pada penemuan data yang bersifat apa adanya dan menuntut peneliti untuk menggunakan kata-kata dalam mengolah hasil penelitiannya. Penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang yang dapat diamati. Analisis data yang dilakukan adalah data reduction, data display dan conclusion drawing. Sementara hasil penelitian adalah faktor penyebab minimnya minat orang tua menyekolahkan anak perempuannya pada tingkat perguruan tinggi faktor ekonomi keluarga, kurangnya motivasi dari orang tua, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat. Kemudian upaya yaitu memberdayakan ekonomi guna mengimbangi tuntutan pendidikan anak agar dapat berjalan dengan baik, berupaya (menabung), sehingga pelaksanaan pendidikan anak dapat berjalan dengan baik dan lancar. Meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada orang tua bahwa kewajiban orang tua tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik anak tetapi yang paling penting adalah kewajiban yang lebih utama adalah pendidikan. Memberikan pemahaman kepada orang tua agar lebih memahami arti pentingnya pendidikan bagi anak perempuan.
Kata Kunci: Minat, Orang Tua, Pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Widodo, (2003) Psikologi Belajar , Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmangtiyas, (1999) Evaluasi Pendidikan di Masa Krisis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaali, (2006) Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Depag RI, (1993) Al-Quran dan Terjemahannya, An-Nisa’: ayat 9.

Kartawijaya, (1987) Pengukuran Dan Hasil-hasil Evaluasi Belajar, Bandung: Sinar Baru

Lexy J. Moleong, (2006) Metodologi Penelitian Kualitatif, Pen. Rosdakarya, Bandung

Muhibbin Syah, ( 2002) Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya.

Munir Muhammad Al Ghadhbaan, (2005) Mempersiapkan Perempuan Shalehah. Pen. Bandung, Pustaka Setia.

Nurkencana,( 1990) Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Syaiful Bahri Djamarah,(2002) Psikologi Pelajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tim Dosen IKIP Malang,(1997) Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, Surabaya: Usaha Nasional

Slameto, (1991) Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Pen. PT. Rineka Cipta Jakarta

Sardiman, A. M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar PT. Raja Grafindo

Slameto, (1999) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Bandung: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v2i2.738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.