Konstruktivisme: Sebuah Analisis Perspektif Pembelajaran

Mawardi Saleh Mawardi

Abstract


Konstruktivisme merupakan salah satu aliran filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan merupakan hasil bentukan (konstruksi) kita sendiri. Pengetahuan bukanlah konten idiologi yang bersifat given dan instan melainkan dia adalah hasil dari olah pikir dan olah tindak yang disertai dengan proses permentasi pendidikan itu sendiri. Dalam prosesi pendidikan (baca; pembelajaran) untuk mendapatkan sejumlah pengetahuan, sudah pasti terjadi berbagai peristiwa pembelajaran silih berganti oleh peserta didik maupun pendidik. Kedua unsur peserta didik dan pendidik menjadi pihak yang paling aktif terlibat dalam mencari, mengamati, mendiskusikan, menggambar, merancang, sebagai keseluruhan aktivitas pembelajaran untuk memperoleh sejumlah pengalaman dan pengetahuan. Disamping itu, eksistensi media, sumber dan metode juga relatif menentukan berjalannya aktivitas pembelajaran secara efektif. Alhasil, pembelajaran yang didasarkan pada faham konstruktivis mewajibkan kepada peserta didik khususnya untuk berperan serta secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar mereka menemukan dan merakit sendiri pengetahuannya tersebut.
Kata kunci: Konstruktivisme, Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Dananjaya., U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Pen. Nuansa.

Gredler., Margaret., E. (2011). Learning and Instruction; Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pen. Kencana Prenada Media Group.

Huda., Miftahul. (2011). Cooperative Learning; Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pen. Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2009). Menuju Masyarakat Belajar; Pendidikan dalam Arus Perubahan. Yogyakarta: Pen. Pustaka Pelajar.

Pannen, P., Mustafa, D. (2001). Konstruktivisme dalam Pembelajaran. PAU – PPAI – UUT. Jakarta.

Sanjaya., Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pen. Kencana Prenada Media Group.

Silberman, ML. (2009). Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Pen. Nusamedia bekerjasama dengan Pen. Nuansa.

Souders, J., dan Prescott, C., (199). A Case for Contextual Learning. Schools in the Middle.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v2i2.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.