Meningkatkan Hasil Belajar IPA dalam Memahami Rangkaian Listrik Seri Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Mantang

Ahmad Zainul Irfan, M. Najamuddin

Abstract


Abstract : This study aims to improve science learning outcomes in understanding series electrical circuits through the application of experimental methods in grade VI students of SDN 1 Mantang in the odd semester of the 2022/2023 academic year. The method used in this research is the experimental method in class VI students of SDN 1 Mantang. The experimental method is one of the teaching methods that in its presentation is appropriate / suitable to be applied in learning Natural Sciences, because with this method students can develop optimal thinking skills. This class action research was conducted in two cycles on 32 students consisting of 11 male students and 21 female students. After the research was conducted, students' understanding and learning outcomes of science lessons on series electrical circuits material increased by using experimental methods with an average score of 66 in cycle I to 86.5 in cycle II. In the efforts made by researchers in improving science learning outcomes, it can be concluded that the experimental method is very helpful for teachers in carrying out the learning process, especially when demonstrating with media or materials as a medium for student learning.

Keywords: Improvement, Science Learning Outcomes, Experimental Method

Abstrak : Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  dalam  memahami  rangkaian listrik  seri  melalui  penerapan  metode  eksperimen  pada  siswa  kelas  VI  SDN  1 Mantang semester  ganjil  tahun  pelajaran  2022/2023.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah metode eksperimen pada siswa kelas VI SDN 1 Mantang. Metode eksperimen adalah merupakan  salah  satu  metode  mengajar  yang  dalam  penyajiannya  sesuai/cocok  untuk diterapkan    dalam  pembelajaran  Ilmu  Pengetahuan  Alam,  karena  dengan  metode  ini  siswa dapat    mengembangkan  kemampuan  berfikir  secara  optimal.  Penelitian  tindakan  kelas  ini dilakukan  sebanyak  dua  siklus  terhadap  32  orang  siswa  yang  terdiri  dari  11  siswa  laki-laki dan  21 siswa  perempuan. Setelah penelitian dilakukan, pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA materi rangkaian listrik seri menjadi meningkat dengan menggunakan metode  eksperimen  dengan  nilai  rata-rata  dari  66  pada  siklus  I  menjadi  86,5  pada  siklus  II. Dalam  usaha  yang  dilakukan  peneliti  dalam  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  dapat disimpulkan  bahwa  dengan  metode  eksperimen  sangat  membantu  guru  dalam  melakukan proses  pembelajaran  terutama  saat  melakukan  peragaan  dengan  media  atau  bahan  sebagai media belajar siswa. 

Kata konci: Peningkatan, Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen


Full Text:

PDF

References


A.M. Pj. Monks- Knoers P, Haditono Siti Rahayu. 2002. Psikologi Perkembangan; Pengantar dalam berbagi. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.

Dimyati & Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaeful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Anak Didik, Rineka Cipta, Jakarta

Jihad & Haris, 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.

Mulia, Fuji, 2013. Pengertian Matematika Menurut Para Ahli. Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Padmono, Y. 2002. Evaluasi Pengajaran. Surakarta: UNS.

Udin S. Winataputra. 2006. Model-model Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, Dirjen Dikti, Depdiknas.

Wahyudin, Dinn, 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wijaya & Dedi, 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Yamin Martinis, 2013. Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta : GP Press Grup




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.7285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.